Bicara Politik Bersama Rudi Rohi dan Ahmad Atang dalam Talkshow Teman Cerita Kota Kupang

Baca Juga

MATA INDONESIA, KUPANG – Teman Cerita Kota Kupang menggelar Talk show “Bicara Kemerdekaan” jelang HUT RI ke-77 pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Kegiatan yang ditayangkan secara live di Facebook ini menghadirkan dua akademisi terkenal di Kota Kupang yaitu Dr. Ahmad Atang, Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Kota Kupang dan Dr. Rudi Rohi, Dosen FISIP Undana. Selain itu, turut dihadiri oleh Komunitas Cipayung Plus dan BEM Kota Kupang.

Dr. Rudi Rohi dalam penyampaiannya menyatakan bahwa arus politik sangat kuat sampai pada titik polarisasi tempat tinggal.

“Kalau bicara politik uang dan politik identitas itu bukan hanya di pemilu saja. Politik uang dimulai dari kehidupan birokrasi, kehidupan sehari-hari kita dan dalam proses pembangunan,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa di Kota Kupang ada kampung-kampung yang punya ikatan etnis seperti Kampung Alor, Kampung Sabu, Kampung Solor, Kampung Timor dan Kampung Bajawa.

“Pola pembentukan tempat tinggal di Kota Kupang itu berbasis etnisitas maka jangan heran kemudian ada calon dapil Kota misalnya konsdolidasinya ke sana,” ujarnya.

Sementara Dr. Ahmad Atang menguraikan tentang konsep demokrasi dan ideologi Pancasila. Menurutnya, Indonesia saat ini sedang melakukan poligami ideologi.

“Di satu sisi kita sementara mempraktekkan ideologi Pancasila. Satu sisi lain, kita mempraktekkan ideologi-ideologi lain, maka orang pertanyakan hari ini demokrasi kia ini demokrasi pancasila atau demokrasi liberal?” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang mengakomodir semua kepentingan. Sementara, Demokrasi Liberal berkaitan dengan menang dan kalah.

“Yang menang berkuasa, yang kalah jadi pecundang,” ujarnya.

Atang juga menyebut bahwa ciri khas kebudayaan Indonesia adalah budaya gotong royong.

“Sehingga sistem demokrasi Indonesia yang diadopsi dari demokrasi liberal harusnya disesuaikan dengan kebudayaan Indonesia yaitu gotong royong,” katanya.

Kontributor Kota Kupang: Emanuel Taena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini