Begini Kehebatan Drone CH-4 TNI AU, Bisa Ngebom dari Jarak Puluhan Kilometer

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Alat utama sistem senjata (alutsista) baru yang dipamerkan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI adalah drone (Chang Hong) CH-4 yang canggih. Bisa menjatuhkan bom dari jarak jauh.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan penerbangan drone ini menjadi pembeda dengan peringatan HUT TNI sebelumnya.

Pesawat tanpa awak buatan China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) itu bahkan sudah digunakan dalam latihan gabungan 2019 di pos tinjau T12 Puslatpu Marinir-5 Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Saat itu, CH-4 dikendalikan dari Surabaya.

Drone itu dituding meniru buatan Amerika Serikat UCAV, MQ-9 Reaper. Keduanya memang dirancang untuk melakukan serangan dengan waktu tempuh berjam-jam sebelum mencapai target. Setidaknya pesawat kendali jarak jauh itu bisa digunakan selama 14 jam.

CH-4 dipasarkan dalam dua varian yaitu CH-4A yang bisa digunakan untuk pengintaian dan CH-4B bisa dilengkapi senjata sehingga sanggup melakukan misi pengintaian serta serangan umum.

Body CH-4 dipenuhi berbagai peralatan optik, avionik, bahan bakar serta mesin. Pesawat itu digerakkan oleh baling-baling tiga bilah di bagian belakang pesawat. Sementara di moncongnya disematkan sensor dengan Infra-Red dan pengintai laser.

Senjata yang bisa diangkut pesawat kendali jarak jauh itu adalah antitank, bom serta rudal. Di tubuhnya memang terdapat alat untuk menggantung bom dan rudal yang berjumlah empat sampai enam buah.

TNI kini memiliki dua skuadron Drone CH-4 yang terdiri enam unit pesawat terbang nirawak. Saat latihan gabungan September lalu, pengendalinya di Surabaya sukses menjalankan misi pengeboman.

Drone itu juga bisa dikendalikan melalui satelit untuk menjangkau jarak yang lebih jauh lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini