Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan 10 Kilogram Sabu dari Afrika

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penyelundupan Narkotika jenis Sabu seberat 10 kilogram dari Kongo, Afrika Tengah, berhasil digagalkan oleh Petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan, 10 kilogram narkotika golongan I jenis methamphetamine ini dilakukan melalui mekanisme impor barang kiriman dengan modus disembunyikan dalam bola batu berwarna hijau (concealment).

“Total berat bruto serbuk kristal yang ditemukan adalah 10.456 gram,” ujar Finari, Kamis 19 Agustus 2021.

Penyelundupan sabu ini terungkap setelah Bea dan Cukai Soekarno-Hatta mendapatkan informasi intelejen jika akan ada pengiriman barang yang diduga narkotika pada 23 Juli 2021, pukul 01.00 WIB.

Selanjutnya, petugas Bea Cukai bersama Tim Direktorat Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan barang kiriman dengan nama pengirim Papy Edike Aweze dari Kongo, Afrika Tengah. Paket barang diberitahukan Polished Malachite sebanyak dua kemasan.

Menurut Finari, dari hasil pemeriksaan, pada kemasan pertama ditemukan delapan buah patung binatang berukuran kecil dan 20 buah bola batu berwarna hijau yang di dalamnya terdapat bungkusan plastik kuning yang berisikan serbuk kristal bening.

Sedangkan, pada kemasan kedua ditemukan 10 patung binatang berukuran kecil dan 20 bola batu berwarna hijau yang di dalamnya juga terdapat bungkusan plastik kuning berisikan serbuk kristal bening.

“Hasil identifikasi barang menggunakan alat uji narkotika, dan dari hasil pengujian, serbuk kristal bening tersebut positif narkotika golongan I jenis methamphetamine atau sabu,” kata Finari.

Setelah dipastikan paket berisi Sabu, tim gabungan dari Bea Cukai Soekarno-Hatta, Direktorat Penindakan dan Penyidikan DJBC dan Bareskrim Polri melakukan pengembangan kasus.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkotika Mabes Polri Komisaris Besar Jayadi mengatakan dari hasil pengembangan ditangkap seorang berinisial A, 29 tahun seorang warga Indonesia di Kelurahan Kembangan Selatan, Jakarta Barat. “Pengembangan penyidikan masih terus kami lakukan,” kata Jayadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini