Bawa 1.500 Dosis, BIN Gelar Vaksinasi Massal di Purwosari

Baca Juga

MATA INDONESIA, PURWOSARI – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta atau Binda DIY menggelar kegiatan vaksinasi massal di Puskesmas Purwosari, Gunung Kidul pada Rabu 29 September 2021.

Perwakilan BIN DIY di Gunungkidul Eko Susilo menyampaikan bahwa BIN menggelar vaksinasi massal dengan sasaran wilayah yang capaiannya rendah. BIN berkoordinasi dengan kapanewon (Kecamatan di tingkat Kabupaten) dan kalurahan setempat untuk memobilisasi warga agar mengikuti vaksinasi massal.

“Hari ini dan besok, dilakukan di Kapanewon Purwosari. Selanjutnya akan terus mencari daerah yang masih lambat untuk dipercepat,” katanya.

Untuk mempercepat kegiatan vaksinasi, Binda DIY bekerjasama dengan Dinkes, Dinsos, dan PDHI. Selain itu, mereka juga menerapkan strategi jemput bola bagi warga yang terkendala hadir di lokasi vaksinasi, terutama yang dialami para difabel.

“Khusus difabel tunanetra, kita lakukan penjemputan dan mengantar kembali ke rumah setelah divaksin,” ujarnya.

Eko pun berharap dengan model gerakan turun ke desa dan penjemputan bagi masyarakat rentan, tidak ada lagi masyarakat yang terlewat dari pemenuhan hak untuk menerima vaksinasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Dinkes Gunungkidul, Sumitro menjelaskan bahwa sejauh ini vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 67,52 persen. Sedangkan untuk dosis 2 atau yang sudah lengkap mencapai 29,53 persen.

“Adapun total sasaran vaksinasi COVID-19 di Gunungkidul yang ditarget sebanyak 595.145 orang,” katanya.

Dia menyebutkan, terdapat dua kapanewon yang capaian vaksinasinya tinggi yakni Purwosari dan Ponjong. Berdasarkan data 28 September, capaian vaksinasi di Purwosari sudah 69 persen.

“Kemungkinan hari ini setelah bertambah 1.500 warga tervaksin, vaksinasi di Purwosari tercapai 70 persen,” ujarnya.

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengungkapkan bahwa vaksinasi di Gunungkidul ditarget selesai akhir tahun 2021.

“Untuk dosis pertama saya yakin bisa tercapai. Target 70 persen jelas terealisasi,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, saat ini capaian di wilayahnya telah menyentuh lebih dari 60 persen. Ia pun mengapresiasi upaya Binda DIY yang selama ini sudah membantu kegiatan vaksinasi di wilayahnya.

Sunaryanta juga berterimakasih kepada masyarakat yang antusias bersedia hadir mengikuti vaksinasi. Dengan kesediaan masyarakat, dirinya berharap kelonggaran kegiatan dan aktivitas segera diberlakukan.

“Harapannya aktivitas perekonomian segera pulih,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini