Bappenas Jadi Instansi Pemerintah Pertama Gunakan Artificial Intelligence (AI), Begini Konsepnya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menegaskan institusinya akan menjadi yang pertama menerapkan artificial intelligence (AI). Lembaga itu sudah lama membangun sistem tersebut.

Sekarang masih dalam tahap persiapan karena sedang menyiapkan aturan soal pemangkasan eselon III dan IV di lembaga itu.

Bappenas sudah menyiapkan pemanfaatan teknologi canggih tersebut sejak dipimpin Bambang Brodjonegoro.

Teknologi itu akan digunakan dalam satu sistem aplikasi tunggal untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja.

Sistem tersebut akan mengidentifikasi sinergitas kebijakan dan regulasi, klasifikasi regulasi dan keterkaitan antarregulasi.

Tahun lalu, kementerian itu bahkan sudah bekerja sama dengan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) telah melakukan studi reformasi regulasi untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Teknokratik 2020-2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini