Banjir di Bengkulu Lebih Parah dari Jakarta

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Selain Jakarta, banjir juga melanda Bengkulu bahkan lebih parah. Sebab tercatat mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan 12 ribu lainnya mengungsi.

“Selain itu delapan hilang, dua orang luka berat dan dua lainnya luka ringan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu 28 April 2019.

Sutopo mengatakan hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah Bengkulu sejak Jumat 26 April 2019 sore hingga Sabtu 27 April 2019 pagi menyebabkan sungai-sungai meluap sehingga terjadi banjir. Beberapa tempat bahkan mengalami longsor.

Bencana itu terjadi di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.

Sutopo mengatakan banjir dan longsor menyebabkan beberapa kerusakan fisik di sembilan kabupaten/kota meliputi 184 rumah rusak, empat unit fasilitas pendidikan rusak, serta 40 titik infrastruktur rusak seperti jalan, jembatan, dan gorong-gorong.

Selain itu, sembilan lokasi sarana dan prasarana perikanan dan kelautan yang ada di lima kabupaten/kota juga rusak.

Gubernur Bengkulu telah melaporkan dampak bencana kepada Kepala BNPB Doni Monardo. BNPB pun sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk mendampingi BPBD dan memberikan bantuan dana siap pakai untuk operasional penanganan darurat.

Sementara banjir yang menerjang 17 titik di Jakarta sejak Kamis lalu kini mulai surut. Banjir itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan 1.500 an orang mengungsi.(Mega Puspita)

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini