Bali Miliki Potensi jadi Pusat Perdagangan Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bali memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan selain sektor pariwisatanya.

Bahkan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan Bali menjadi pusat perdagangan dunia.

Menurutnya, Bali memberikan kontribusi ekonomi yang sangat besar terhadap Indonesia. Di mana, sebanyak 20 juta turis datang ke Bali, dan pertumbuhan ekonominya di atas nasional.

“Jadi saya berkesimpulan, saya kira presiden juga sama. Bahwa Bali memang memberi kontribusi yang besar bagi ekonomi nasional,” katanya.

Menurutnya, meskipun ketika pandemi kemarin perekonomian Bali tumbuh minus 12 persen, namun, Bali diyakini mampu bangkit. Caranya dengan mengatur ekonomi Bali tidak 100 persen terkait pariwisata.

“Kalau Bali dikunjungi dunia, sekarang balik Bali harus mengunjungi dunia. Makanya kita hadir di sini, supaya anak-anak di sini bisa masuk ke dunia global,” ujarnya.

Menteri Teten pun membandingkan Bali dengan Singapura. Jika dibanding Singapura, sebetulnya wilayah Bali jauh lebih luas. Tapi walaupun Singapura wilayahnya kecil bisa menjadi pusat perdagangan dunia.

“Bali itu sebenernya sudah lebih dari Singapura, cuman mindsetnya masih belum menempatkan Bali sebagai pusat perdagangan dunia,” katanya.

Potensi Bali menjadi pusat perdagangan dunia sangat terbuka lebar. Bahkan, beberapa produk pelaku UMKM mendunia awalnya dicoba terlebih dahulu oleh turis yang datang ke Indonesia.

“Saya sering menemukan beberapa pelaku UMKM itu produknya dikenal dunia setelah turis mencoba produk dia. Ini bisa menjadi jendela perdagangan kita keluar. Nah ini yang harus kita siapkan,” katanya.

Saat ini pusat produksi di Bali kapasitasnya masih kecil. Hal itulah yang harus dipersiapkan konsepnya. Banyak produk Bali yang sangat kuat berpotensi untuk mendunia. Misalnya, layanan spa terbaik dunia salah satunya ada di Bali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini