Awan Kumulonimbus Sebabkan Hujan Es di Tangerang Selatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, PAMULANG – Senin 14 Maret 2022 sekitar pukul 15.45 – 17.00, hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Deisy Martini, warga Pamulang Estate Tangerang Selatan cukup kaget dengan butiran es sebesar kerikil yang ikut turun bersama hujan tersebut. Angin yang cukup kencang membuat sejumlah terpal rumah terbawa angin. Beberapa pohon besar tumbang hingga akarnya terangkat.”Seumur-umur saya tinggal di Pamulang, baru kali ini terjadi hujan es dan angin yang cukup kencang,” katanya.

Menanggapi peristiwa itu, Prakirawan BMKG wilayah II Ciputat Hilma Nurul mengatakan, hujan es yang terjadi karena awan kumulonimbus.

”Kejadian hujan es yang terjadi di kecamatan Pamulang dan kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan karena sekumpulan awan Kumulonimbus,” ujar Hilma.
Ia menuturkan, kumpulan awan terjadi akibat adanya daerah konvergensi di wilayah Banten. Apalagi kondisi udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga lapisan atas.
Berdasarkan citra satelit cuaca, terlihat adanya sekumpulan awan konvektif pada saat kejadian hujan es, yang terindikasi sebagai awan kumulonimbus dengan suhu puncak awan mencapai -800 Celcius di wilayah Kota Tangerang Selatan. ”Awan kumulonimbus terpantau berada di area lokasi kejadian mulai jam 15.20 WIB,” ujarnya.

Sedangkan, berdasarkan citra radar cuaca, mulai pukul 15.30 WIB terpantau terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kota Tangerang Selatan.

“Kemudian pada jam 15.49 WIB hujan dengan intensitas lebat terjadi hampir merata di wilayah Kota Tangerang Selatan, termasuk di Kecamatan Pamulang dan Kecamatan Setu,” ungkap Hilma.

“Pada jam 16.05 WIB intensitas hujan mulai menurun dan hujan terus terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan hingga jam 16.30 WIB,” lanjutnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini