Awak KRI Nanggala-402 Gugur, MUI Ajak Umat Islam Salat Ghaib

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak seluruh umat Islam di Indonesia agar menggelar salat ghaib, untuk para awak KRI Nanggala-402 yang telah gugur dalam tugasnya.

“Kami mengajak seluruh umat Islam untuk sholat ghaib bagi almarhumin dan mendoakan agar para korban  diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, keikhlasan dan kekuatan lahir bathin,” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh, seperti dikutip dari Republika, Senin 26 April 2021.

Dalam salat ghaib, Niam mengingatkan untuk berdoa agar bangsa Indonesia diberi kekuatan untuk menjaga tegaknya NKRI.

Kemudian, ia juga mengajak umat Islam untuk mendoakan agar negara diselamatkan dari berbagai kesulitan, musibah, bala, serta marabahaya.

“Dan berbagai ancaman luar dalam, hingga terwujud baldatun thayybatun wa rabbun ghafur,” kata Niam.

Menurutnya, setiap Muslim yang matinya tenggelam, terlebih dalam tugas negara, merupakan mati syahid.

Lebih lanjut, Niam menilai para prajurit KRI Nanggala-402 merupakan syuhada karena teridentifikasi sempat salat berjamaah sebelum berlayar, menjalankan tugas kedinasan dan tugas negara, karenanya mereka termasuk syuhada.

“Saya mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Ini bukan hanya duka bagi keluarga atau bagi tentara semata. Tapi ini adalah duka bangsa,” kata Niam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini