Atasi Masalah Mental dari Corona, KSP Bikin Layanan Psikologi Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengantisipasi kualitas kesehatan mental akibat wabah Covid19 yang dibawa virus corona, Kantor Staf Presiden membentuk layanan konsultasi kesehatan jiwa. Masalahnya kehidupan di tengah wabah menjadi tidak menentu.

Kepala Staf Presiden, Moeldoko, menegaskan institusinya akan membangun sistem layanan nasional untuk kesehatan jiwa.

“Saya menginginkan adanya satu sistem layanan nasional yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan pendampingan,” ujarnya, Selasa 21 April 2020.

Nantinya layanan kesehatan mental tersebut mencakup tiga langkah strategis yaitu edukasi publik, konsultasi awal dan pendampingan.

Edukasi publik mengenai kesehatan mental kepada publik dilakukan melalui sarana konten website, press conference di media center, webinar seminar via web berkala di YouTube Gugus Tugas, SMS Blast dan infografis untuk disebar melalui jaringan WAG serta media sosial.

Sementara untuk konsultasi awal psikologi, dapat diakses publik melalui kanal chatbot, layanan telemedicine, call center, dan aplikasi. Maka dibutuhkan tim psikolog yang bertugas melayani panggilan 24 jam sehingga perlu ada pergantian petugas.

Sedangkan, pada upaya pendampingan dilakukan terhadap masyarakat atau pasien yang membutuhkan konsultasi secara berkala. Untuk tahap ini dilakukan melalui perjanjian dengan psikolog via telepon atau vicon meeting. Khusus kasus KDRT, Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dapat bekerja sama dengan Kementerian PPA.

Moeldoko mengajak berbagai pihak untuk dapat berkontribusi bersama dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan jiwa masyarakat.

Ketua Gugus Tugas Himpsi untuk COVID-19 Dr. Andik Matulessy MSi menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tenaga psikolog yang akan memberikan training of trainer (ToT) dan para relawan dari kalangan mahasiswa Fakultas Psikologi yang akan mendukung program ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini