Asrama Haji Bisa Tampung Pasien Isolasi Mandiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah asrama haji akan diberdayakan menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  telah memberi lampu hijau untuk pengoperasian asrama haji.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi menyatakan Menteri Agama langsung  merespons lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah beberapa waktu terakhir.”Tahun 2020, asrama haji pernah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Tahun ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan izin dan asrama siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19,” ujar Khoirizi,  Senin 21 Juni 2021.

Ia menyebut bahwa permintaan agar asrama haji Kemenag dijadikan sebagai lokasi isolasi mandiri telah disampaikan sejak lama. Bahkan hal itu sempat dilakukan sejak April 2020. Khoirizi menyebut, sedikitnya 27 dari 31 asrama di seluruh Indonesia siap digunakan untuk menampung pasien.

Dari jumlah itu, hanya empat asrama yang dinyatakan belum bisa digunakan, yaitu Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong.

Di DKI, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pemprov untuk menggunakan asrama Haji Pondok Gede. Persiapan juga telah ditinjau oleh Sekda DKI dan Pangdam Jaya. ”Ada dua gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang akan disiapkan sebagai ruang isolasi,” kata Khoirizi.

Selain DKI, Kemenag juga telah menyiapkan Asrama Haji Gorontalo sebagai alternatif di wilayah tersebut.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak RS Haji Jakarta untuk memastikan ruang isolasi sesuai standard WHO.

“Setiap pasien menempati satu kamar, satu tempat tidur. Tidak boleh digabung. Ada juga standar pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan,” kata Mujab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini