AS Minta Negara Sekutunya Tambah Anggaran Pertahanan, Mau Perang?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Amerika Serikat disebut telah meminta negara sekutunya untuk menambah jumlah anggaran pertahanan.

Jepang adalah salah satu yang diminta Presiden Donald Trump untuk memperkuat dan meningkatkan kontribusi dalam bentuk anggaran empat kali lipat untuk pasukan AS yang berada di negara tersebut.

Kabar ini dimuat dalam majalah Foreign Policy, berdasarkan data sumber yang tak ingin disebutkan namanya. Entah apa tujuan utama Trump meminta anggaran lebih ke negara sekutunya.

Majalah tersebut berkata Washington ingin Tokyo meningkatkan kontribusi mereka dalam membayar gaji tahunan 58 ribu pasukan AS yang ada di Jepang. Dari sebelumnya sebesar 2 miliar dolar AS menjadi 8 miliar dolar AS.

Permintaan dari Trump ini diwakili penasihat Gedung Putih John Bolton dan eks Direktur Dewan Keamanan Nasional AS untuk wilayah Asia, Matt Pottinger yang berkunjung ke Negeri Sakura Juli 2019 lalu.

Namun, kabar ini dibantah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, yang menyebut antara kedua negara belum mencapai kesepakatan baru terkait masalah pertahanan.

Tak hanya Jepang, Korea Selatan juga dimintai hal yang sama oleh Trump. Alasannya, Trump tak ingin melihat Korsel diserang oleh Korea Utara, sehingga harus menambah anggaran pertahanan, terutama diperuntukkan bagi pasukan AS di Semenanjung Korea.

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini