APKASI AOE 2023, Bupati Dorong Promosi Inovasi dan Potensi Kabupaten Sleman

Baca Juga

Mata Indonesia,Sleman – Kabupaten Sleman kembali ikut serta dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo. APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023 diselenggarakan di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang dan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, pada Minggu (23/7).

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini diikuti oleh sebanyak 139 Kabupaten, 1 Kementerian, 2 Provinsi dan 5 Swasta. Sementera Kabupaten Sleman menjadi salah satu Kabupaten yang secara konsisten ikut berpartisipasi sebagai peserta di setiap penyelenggaraannya.

Berbagai produk aneka olahan makanan, kerajinan, batik dan hasil pertanian yang dihasilkan UMKM Sleman dipamerkan dalam kegiatan ini. Tidak ketinggalan, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga hadir mendampingi perwakilan Kabupaten Sleman di APKASI Otonomi Expo 2023.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan APKASI Otonomi Expo 2023 ini menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan lebih luas produk – produk UMKM unggulan Kabupaten Sleman. Ia menilai potensi yang dimiliki Kabupaten Sleman sangat beragam dan tidak kalah menarik dengan daerah lainnya bahkan mampu bersaing hingga kancah internasional.

Dalam menampilkan produk UMKM, Kustini menjelaskan Kabupaten Sleman mengusung konsep “Sleman Rumah Bersama” dengan bentuk stand berupa Pendopo Pringgodiningrat. Konsep tersebut dinilai selaras dengan semangat Pemkab Sleman untuk mewujudkan Sleman sebagai Rumah Bersama Yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan dan Memiliki Jiwa Gotong Royong.

Ia berharap keikutsertaan produk – prosuk UMKM Kabupaten Sleman dalam kegiatan tersebut memberi dampak positif bagi para pelaku UMKM Sleman dan menjadi inspirasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi mengembangkan produknya.

Lebih lanjut Bupati Sleman juga menyebut Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya mendukung pengembangan potensi – potensi yang ada di Sleman baik di sektor perekonomian maupun sektor lainnya yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat Sleman.

Selain menampilkan produk UMKM, Kabupaten Sleman juga berpartisipasi menampilkan kesenian budaya Sleman yaitu Sitran yang terdiri permainan alat musik siter, alat musik gender dan sinden. Kemudian, ditampikan juga drama tari Sang Pelopor oleh 25 penari Sleman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini