Apa Sih Untungnya Jika Maskapai Asing Masuk Indonesia?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Rencana Presiden Joko Widodo memasukkan maskapai asing agar harga tiket lebih bersaing dan terjangkau menjadi kontroversi besar belakangan ini. Ada yang sepakat, ada juga yang tidak.

Lalu, apa sih untungnya jika maskapai asing masuk ke Indonesia?

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani, jika maskapai asing masuk berkompetisi dengan maskapai nasional, maka harga tiket akan dapat dijangkau oleh masyarakat.

Adapaun maskapai domestik, menurut Rosan, tidak perlu cemas jika pihak asing ikut berkompetisi. Justru dengan maskapai asing, maka akan mendorong efisiensi pada maskapai nasional.

“Percayalah, kita bisa lihat kalau asing masuk kemudian terjadi kompetisi,” ujar Rosan di Jakarta, Kamis 6 Juni 2019.

Rosan yakin, kehadiran maskapai asing akan diikuti dengan perbaikan baik dari sisi strategi bisnis maupun pelayanan dari maskapai yang sudah ada di Indonesia, jika tidak mau kalah bersaing.

Ia menjelaskan, dari segi kualitas baik armada maupun layanan yang sudah diberikan oleh dua maskapai besar, Garuda Indonesia dan Lion Air sesungguhnya menjadi modal. Dengan demikian, kompetisi seharusnya bukanlah hal yang perlu terlampau dicemaskan.

“Garuda Indonesia kan sangat baik, Lion Air pesawatnya juga baru-baru. Iya kan? Jadi apa yang ditakutkan,” kata Rosan, mengutip Merdeka.

Terkait maskapai yang bakal masuk, dia mengharapkan agar masyarakat tidak perlu terlalu meributkan negara asal maskapai tersebut. Namun, yang terpenting adalah manfaat yang akan ditimbulkan bagi perekonomian Indonesia.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini