Anggota DPR Berharap RKUHP Disahkan Tahun Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah anggota DPR terutama dari Komisi III DPR berharap Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) bisa selesai dan disahkan tahun 2022 ini.

Saat ini pembahasan RKUHP masih berlangsung. ”Saya berharap (pembahasan RUU KUHP) selesai tahun ini. Saya berharap di masa sidang ini,” kata anggota Komisi III DPR Habiburokhman, Rabu, 28 September 2022.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra itu menyampaikan perlu beberapa kali rapat bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Komisi III juga menunggu masukan dari kelompok masyarakat terhadap perbaikan rancangan KUHP.

Wakil Ketua MKD itu mengakui pembahasan perubahan KUHP berlangsung alot. Sebab, harus mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat.

Menurut dia, tidak semua masukan yang disampaikan masyarakat memiliki kesamaan. Ada sejumlah poin aspirasi yang satu dengan lainnya saling bertentangan.

“Kalau diakomodir semua, enggak akan ketemu. Kami akan putuskan yang paling bermanfaat,” ungkap dia.

Habiburokhman menyebut pengesahan rancangan KUHP harus disegerakan. Sebab, rujukan hukum pidana yang tengah direvisi lebih baik daripada sebelumnya.

“Kalau KUHP baru yang ada sekarang disahkan tidak akan terjadi kasus kayak Habib Rizieq di penjara, juga ada Edi Mulyadi karena tidak terjadi kerusuhan yang disebut berita bohong tersebut. Kalau ini disahkan banyak orang yang bisa diselamatkan,” ujar dia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini