Aktivitas Gunung Merapi Terus Meningkat

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Gunung Merapi semakin aktif dengan mengeluarkan guguran lava sejauh 900 meter pada Sabtu 9 Maret 2019.

Hal itu diungkapkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun twitter resminya. Luncuran lavanya mengarah ke hulu Kali Gendol.

Hasil pantauan dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB itu mencatat guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi ke arah hulu Kali Gendol.

Hasil pengamatan sebelumnya sejak Jum’at 8 Maret 2019 sampai dengan Sabtu 9 Maret 2019 pukul 06.00 WIB, badan itu mencatat tujuh guguran lava pijar dilontarkan gunung tersebut.

Namun jarak luncurnya tidak sejauh luncuran Sabtu kemarin. Saat itu lava itu hanya meluncur sejauh 400 sampai dengan 900 meter.

Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.

Artinya, untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Badan itu juga mengimbau warga yang di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan.

Meski begitu mereka tidak mudah terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya.

Mereka diminta tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG.

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini