Akhirnya Jenazah Johny Indo Dimakamkan Secara Islam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Simpang siur dan perbedaan pendapat antar keluarga Johny Indo soal pemakaman akhirnya berakhir.

Setelah bermusyawarah antara keluarga istri pertama almarhum Johny Indo, Stella Thia dan istri kedua, Dian Kurnila, akhirnya disepakati untuk memakamkan jenazah almarhum secara Islam.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan keluarga, Santa dan Kezia yang merupakan cucu dari aktor yang bernama lengkap Johanes Hubertus Eijkenboom itu. ”Pihak keluarga akhirnya memutuskan menguburkan secara muslim di TPU Selapajang,” ujar Kezia, di Gereja Immanuel, Tangerang, Banten, Minggu 26 Januari 2020.

Rencananya, jenazah almarhum akan dimakamkan Senin 27 Januari 2020 siang, ba’da zuhur. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah istri pertamanya, Stella Thia yang menyatu dengan gereja hingga proses pemakaman dilangsungkan.

Sebelumnya anak dan istri kedua almarhum Johny Indonya, Dian Kurnila dan Muhammad Billah sempat keberatan jika Johny Indo dimakamkan secara Kristiani. Pasalnya hingga akhir hayatnya almarhum tercatat memeluk agama Islam . ”Kalau ada buktinya (kembali ke agama Kristen) tunjukan saja. Saya hanya minta buktinya saja. Soalnya di KTP pun dia Islam,” ujar Muhammad Billah.

Bahkan, menurut Bilah, dalam pesan terakhirnya, sang ayah meminta agar dimakamkan secara Islam di Bogor. ”Sebelum papa sakit, papa pernah bilang, ‘Billah kan orang susah, kalau papa meninggal bawa papa ke Bogor, di sana papa udah siapin lahan sama temen-temen (untuk kuburan). Di daerah Leuwiliyang Bogor, kan di sana juga ada paguyuban Sundawani, pencak silat, temen-temen papa,” kata Billah.

Seperti diketahui, Johny Indo sempat dikenal sebagai seorang dai. Ia kerap berceramah di berbagai forum pengajian. Ia pernah dijebloskan di penjara Nusakambangan karena merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat pada 1979. Dia ditahan selama 14 tahun.

Di era 80-an akhir almarhum juga dikenal sebagai bintang film. Dia pernah membintangi film Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti hingga Daerah Jagoan. Johny Indo meninggal dunia pada Minggu 26 Januari 2020 pukul 07.45 WIB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini