Bukan Cuma Hal Buruk, 6 Kuliner Asal Timor Leste Ini Wajib Kamu Cobain

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wisata kuliner Timor Leste merupakan salah satu sumber pendapatan bagi negara itu. Kuliner negeri itu dikenal unik karena memiliki beragam cita rasa mulai Asia Tenggara, Eropa, hingga Arab.

Mata Indonesia mencoba memberi rekomendasi menu kuliner andalan Timor Leste yang wajib kamu coba. Yuk simak bahasannya berikut:

1. Batar Nurak timor leste batar nurak

Batar Nurak. (7terbaik.com)Batar Nurak merupakan makanan sejenis bubur yang terbuat dari jagung yang di sajikan dengan tambahan daun singkong dan kangkung. Makanan ini biasanya di santap dengan ikan asin goreng dan sambal tomat.

Bubur sering diidentikkan dengan beras sebagai bahan utamanya, namun Batar Nurak berbeda karena makanan ini tidak menggunakan beras sama sekali. Kuliner itu berbahan dasar jagung.

2. Batar Daan

timor leste batar daan foodsoftheworld-emmajackson.blogspot
Batar Daan (foodsoftheworld-emmajackson.blogspot.com)

Memiliki nama yang mirip dan penggunaan bahan dasar yang sama dengan Batar Nurak yaitu jagung, namun Batar Daan sedikit berbeda. Kalau Batar Nurak dicampur daun singkong, Batar Daan menggunakan campuran daging sapi, kacang tanah, belimbing wuluh, dan sayuran ke dalam bubur jagung itu.

Jagung memang makanan pokok masyarakat Timor Leste. Selain dijadikan bubur biasanya jagung diolah menjadi jagung bakar.

3. Caldeirada

timor leste caldeirada-peixei portuguesecooking.wordpress
Caldeirada. (portuguesecooking.wordpress)

Makanan ini biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti pesta ulang tahun, pernikahan dan pesta formal lainnya. Itu adalah sejenis stew yang terbuat dari daging kambing atau sapi dan dibumbui dengan cabai merah besar, tomat, garam, merica, cuka, maupun bir.

Terkadang makanan ini juga diberi tambahan lainnya seperti kentang dan wortel. Selain menggunakan daging sebagai bahan utama biasanya Caldeirada juga dibuat dengan menggunakan seafood. Sangat nikmat disantap saat masih hangat dengan nasi atau roti.

4. Carna Assada

timor leste carne assada gshow globo
Carne Assada. (gshow.globo.com)

Makanan yang satu ini sangat populer dan paling dicari wisatawan. Carna Assada terbuat dari daging kerbau.

Sebelum dipanggang, daging direndam dengan air asam dan gula merah. Setelah itu daging yang sudah dipanggang hingga matang disajikan dengan siraman kuah kental yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Carna Assada termasuk makanan yang menyehatkan karena memiliki kandungan lemak dan gizi tinggi.

5. Koto

timor leste koto akurat.co
Koto. (akurat.co)

Makanan tradisional Timor Leste selanjutnya ini memiliki rupa yang sama dengan sop brenebon dari Manado, karena sama-sama menggunakan bahan dasar kacang merah yang direbus. Hampir semua masyarakat Timor Leste pasti bisa membuat hidangan tradisional yang satu ini.

Selain itu makanan ini paling sering dibuat sebab caranya yang mudah dan juga murah. Umumnya Koto di buat dari campuran wortel, kentang, dan juga berbagai jenis daging. Untuk dapat menyantap makanan ini, Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja.

6. Roti Pa’un

timor leste-Roti-Pa’un-kulinerhunter
Roti Pa’un (kulinerhunter)

Tak hanya daging dan sayuran, Timor Leste juga memiliki makanan berbahan dasar tepung yang tak kalah populer yaitu Roti Pa’un. Makanan ini biasanya dijual keliling dengan sepeda atau berjalan kaki.

Roti ini memiliki dua jenis yaitu dengan bentuk bun yang teksturnya agak keras pada bagian atas dan berbentuk bantal dengan tekstur yang lebih halus dan lembut. Rasanya hambar namun sedikit asin.

Kamu bisa memakan langsung roti pa’un sebagai teman minum kopi atau bisa juga menambahkan selai. Harga roti ini hanya sekitar Rp 2.500 untuk tiga roti.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner andalan yang dimiliki Timor Leste, yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke negara ini. Bagaimana, apakah kamu sudah tertarik untuk berkunjung dan berwisata kuliner di Timor Leste? (reporter:Dhelana Unggul Parastri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini