44 Orang Meninggal Dunia dalam Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Brasil

Baca Juga

MATA INDONESIA, RIO DE JANEIRO – Banjir bandang dan tanah longsor hancurkan Kota Petropolis di Brasil, mengubah jalan-jalan menjadi sungai yang deras dan menyapu rumah-rumah di kawasan tersebut. Pejabat setempat melaporkan sedikitnya 44 orang meninggal dunia.

Para petugas penyelamat bekerja keras mencari warga yang selamat yang terkubur dalam lumpur dan puing-puing setelah badai besar menghantam kota wisata yang indah di perbukitan utara Rio de Janeiro, Brasil.

Ada kekhawatiran jumlah korban meninggal dunia bisa meningkat ketika petugas pemadam kebakaran dan pekerja penyelamat sukarela menggali sisa-sisa rumah yang hanyut dalam semburan lumpur. Banyak dari mereka tinggal di daerah kumuh di lereng bukit yang miskin.

Setidaknya 21 orang sejauh ini telah diselamatkan hidup-hidup dalam upaya tersebut, menurut pemerintah negara bagian. Sekitar 300 orang ditampung di tempat penampungan, sebagian besar di sekolah, kata para pejabat.

Badan amal menyerukan sumbangan kasur, selimut, makanan, air, pakaian, dan masker wajah untuk para korban banjir bandang dan tanah longsor di Kota Petropolis.

Wendel Pio Lourenco, seorang warga berusia 24 tahun, mengatakan bahwa mencoba menyelamatkan harta bendanya yang tersisa. Ia juga turut membantu mencari korban selamat.

“Saya menemukan seorang gadis yang terkubur hidup-hidup. Semua orang mengatakan itu terlihat seperti zona perang,” kata Wendel, melansir France24, Kamis, 17 Februari 2022.

Hal senada disampaikan Gubernur Claudio Castro usai mengunjungi lokasi kejadian. “Ini hampir seperti situasi perang. Kami telah mengerahkan seluruh tim kami,” katanya.

Para pejabat mengatakan lebih dari 180 petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat lainnya menanggapi keadaan darurat, dibantu oleh 400 tentara yang dikirim sebagai bala bantuan.

Balai kota menyatakan keadaan bencana di kota berpenduduk 300.000 orang, yang terletak 68 kilometer (42 mil) utara Rio de Janeiro. Dewan kota mengumumkan tiga hari berkabung untuk para korban.

Petropolis adalah tujuan populer bagi wisatawan yang bosan dengan kehidupan Rio de Janerio. Kota ini dikenal dengan jalan-jalannya yang rindang, rumah-rumah megah, istana kekaisaran – sekarang menjadi museum, dan keindahan alam pegunungan di sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini