300.000 Jargas Rumah Tangga Bakal Tersambung di Akhir 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak 300.000 Sambungan jaringan gas (jargas) Rumah Tangga (SR) bakal tersambung pada akhir tahun 2022. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I, Pahala Nugraha Mansury.

Pahala menyampaikan, pelaksanaan pembangunan jaringan gas masih sesuai rencana hingga saat ini. Sehingga, target 300.000 jargas tersebut dapat diselesaikan sepenuhnya di akhir tahun ini.

Sebelumnya, Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk menargetkan membangun jaringan gas (jargas) sebanyak 240.000 di wilayah Jabodetabek, Karawang, Cilegon, dan Cirebon.

Pada tahun 2022, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, PGN merencanakan akan membangun kurang lebih 92.000 Sambungan Rumah Tangga (SR) melalui skema investasi internal.

Selain itu, PGN juga merencanakan membangun 62.000 SR melalui skema kerjasama dengan mitra, sehingga total Jargas yang terbangun di DKI pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 154.000 SR.

Dalam 5 tahun ke depan, Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi target utama pengembangan jargas rumah tangga.

“Pelanggan eksisting di DKI Jakarta sebanyak 30.491 SR. Penambahan jumlah jargas rumah tangga di DKI Jakarta pun dilakukan semakin masif tiap tahunnya,” ujar Direktur Sales dan Operasi PGN, Faris Aziz.

Dalam pelaksanaan pembangunan jargas rumah tangga di DKI Jakarta, PGN menggunakan tiga strategi. Pertama adalah penetrasi, di mana akan menambah pelanggan baru di sekitar infrastruktur eksisting.

Kedua, pengembangan dengan menambah pelanggan baru melalui penambahan pipa induk dari infrastruktur eksisting. Ketiga, beyond pipeline yakni menambah pelanggan baru yang berada cukup jauh dari infrastruktur eksisting dengan menggunakan CNG/ LNG.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini