3 Keputusan Penting Kongres PSSI 2021, Liga Wanita akan Ditiadakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kongres PSSI yang digelar Sabtu 29 Mei 2021 mengeluarkan tiga keputusan penting. Kongres ini dihadiri 87 pemilik suara atau voters.

Keputusan pertama, kompetisi PSSI meliputi Liga 1 2021, Liga 2, dan Liga 3, akan berlangsung. Hal ini dipastikan karena sejauh ini PSSI telah mendapat lampu hijau dari Polri. Liga 1 rencananya berlangsung dalam format berseri di 6 kota mulai 10 Juli. Selanjutnya Liga 2 dibagi 4 wilayah dan berlangsung sepekan setelah Liga 1.

Sedangkan Liga 3 akan dimulai dari tingkat provinsi pada Juli-Oktober, tingkat regional pada November, dan Desember akan dimulai fase nasional untuk mencari tim promosi Liga 2.

Soal izin keramaian dari Polri ini akan keluar setelah Kapolri Listyo Sigit Prabowo pulang dari Papua. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali akan langsung berkomunikasi dengan Kapolri.

Keputusan yang kedua adalah laporan kegiatan dan keuangan serta rancangan program PSSI selama satu terakhir dan satu tahun ke depan diterima seluruh pemilik suara. Meski tidak ada kompetisi, voters tak protes karena situasi terkait pandemi Covid-19 tak bisa dilawan. Selain kompetisi yang dipastikan berjalan, Elite Pro Academy sebagai wadah pembinaan pemain akan digulirkan. Hanya kompetisi sepak bola putri yang tidak akan digelar. Sebagai gantinya akan dilangsungkan Piala Pertiwi. ”Liga 1 wanita ditiadakan tahun ini, tapi kalau Piala Pertiwi tingkat Asprov kami mulai di bulan Agustus 2021. EPA bulan Juli sampai Agustus untuk U-20, U-18 U-16. Soeratin U-17, U-15, U-13 akan dimulai Agustus sampai Desember,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi menjelaskan.

Ketiga, ratusan perubahan nama dan domisili serta penambahan dan penghapusan anggota PSSI disahkan. Namun, Yunus memastikan, tak ada perubahan nama dan domisili dari klub Liga 1. Tira Persikabo dan Bhayangkara FC tak jadi ganti nama dan domisili.

Sebaliknya, sejumlah klub Liga 2 dipastikan berganti nama. Beberapa di antaranya Cilegon United menjadi Rans Cilegon FC, Martapura FC menjadi Dewa United Martapura, dan Putra Sinar Giri FC menjadi Putra Safin Grup (PSG) Pati.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini