2,76 Juta PKL dan Nelayan dapat Bantuan Rp 600.000

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bantuan terus diberikan pemerintah bagi para pelaku UMKM, khusus pemilik warung, pedagang kaki lima dan nelayan di kuartal I-2022.

Tercatat ada 2,76 juta pelaku usaha yang mendapatkan bantuan langsung tunai masing-masing Rp 600.000.

“Bantuan akan disalurkan melalui TNI dan Polri,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutan Seminar Hari Pers Nasional, Jakarta, Selasa 8 Februari 2022.

Dalam program ini ada 1 juta pedagang kaki lima atau pemilik warung yang menjadi sasaran. Sisanya 1,76 juta orang akan disalurkan kepada nelayan penduduk miskin ekstrem.

Program ini akan disalurkan ke 212 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masuk target pengentasan kemiskinan ekstrem pada tahun 2022.

Selain itu, pemerintah juga melanjutkan pemberian insentif PPN ditanggung pemerintah (DTP) untuk sektor perumahan selama 9 bulan di tahun 2022. Insentif 50 persen diberikan untuk rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar.

Sedangkan 25 persen untuk rumah tapak atau rumah susun dengan harga Rp 2-5 miliar. Berdasarkan data DPP REI, potensi insentif yang bisa terserap dalam program ini mencapai Rp 3,26 triliun.

Realisasi program ini diharapkan bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2022. Sehingga perekonomian akan tumbuh positif, di tengah ancaman varian omicron yang sedang berlangsung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kabinet Merah Putih: Kritik dan Harapan di Balik Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mata Indonesia, Yogyakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 pada Minggu 20 Oktober 2024. Kepala Negara baru ini bahkan telah bertugas pada Senin 21 Oktober kemarin.
- Advertisement -

Baca berita yang ini