15.000 Kambing Senilai Rp 58 miliar Tenggelam di Sudan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-15 ribu kambing mati setelah sebuah kapal tenggelam di pelabuhan Red Sea, Sudan kemarin.

Kapal pengangkut ternak itu akan mengekspor kambing dari Sudan ke Arab Saudi ketika muatan kapal ternyata melampaui kapasitas seharusnya.

“Kapal Badr 1 itu tenggelam dini hari Minggu,” kata pejabat senior pelabuhan, seperti dilansir laman Aljazeera, Senin 13 Juni 2022.

Pejabat itu mengatakan kapasitas kapal seharusnya hanya membawa 9.000 kambing. Pejabat Sudan lain mengkhawatirkan dampak ekonomi dan lingkungan atas kejadian ini.

“Kapal tenggelam itu akan berdampak pada operasional pelabuhan,” kata si pejabat. “Dan juga pasti ada dampak lingkungan karena banyaknya hewan yang mati tenggelam.”

Ketua asosiasi eksportir nasional, Umar Al-Khalifa mengatakan kapal itu butuh beberapa jam untuk tenggelam, artinya seharusnya kambing-kambing itu bisa diselamatkan.

Total nilai ekspor kambing itu adalah 4 juta US dolar senilai Rp 58 miliar, kata Salih Salim, kepala divisi peternakan dari asosiasi. Kambing-kambing itu dinaikkan ke kapal di pelabuhan Suakin.

Dia mengatakan pemilik ternak itu hanya mampu menyelamatkan sekitar 700 kambing “tapi kondisinya sakit dan harapan hidupnya tidak lama.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini