Ricciarelli Kue Mungil Khas Italia yang Renyah Istimewa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dari sekian banyak dessert atau kue yang dimiliki Italia, ricciarelli adalah salah satu yang istimewa. Berasal dari Siena, ricciarelli ternyata memiliki sejarah panjang sebelum menjadi camilan renyah seperti saat ini.

Kue bulat dengan rekahan diatasnya ini memiliki rasa istimewa yang jadi favorit masyarakat Italia. Ricciarelli adalah kue tradisional khas Siena Italia. Ricciarelli mulai ada di Italia sejak abad ke-14, pertama kali dibawa oleh seorang bangsawan Italia bernama Ricciardetto Della Gherardesca. Terinspirasi dari makanan Arab yang ia bawa usai perang salib.

Akhirnya hingga kini terciptalah ricciarelli, kue mungil yang renyah namun lembut didalamnya. Ricciarelli juga biasa disebut marzapanetti alla senese atau morzelleti. Memiliki tekstur mirip macaroonricciarelli renyah dibagian luar dan kenyal dibagian dalam

Sebagian orang menyebut ricciarelli sangat mirip dengan macaroon khas Prancis. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Ricciarelli berbentuk bulatan lonjong yang memiliki rekahan dibagian luarnya.

Ricciarelli juga biasa disebut kue almond khas Italia. Ini karena kue ini terbuat dari kacang almond yang digiling dicampur dengan gula dan telur. Aroma ricciarelli sangat khas karena adanya taburan parutan kulit jeruk saat pembuatanya. Saat disajikan ricciarelli biasanya ditaburi dengan gula putih halus diatasnya. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan Ricciarelli :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bersinergi Tolak Politik Identitas Dalam Pilkada 2024

Di tengah gemuruh persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, suara-suara yang menolak politik identitas semakin nyaring terdengar. Aksi bersama...
- Advertisement -

Baca berita yang ini