Meteor Jatuh di Puncak Merapi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto kilatan cahaya yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Ternyata CCTV yang dipasang BPPTKG untuk pengamatan aktivitas di puncak Gunung Merapi, juga merekam kilatan cahaya.

Foto tersebut viral dan beredar di salah satu akun Twitter @merapi_undercover pada Jumat (28/5/2021). “Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021). Foto: Gunarto_song,” tulis akun Twitter @merapi_uncover.

Gunarto menceritakan saat mengambil gambar itu, ia benar-benar melihat kilatan cahaya putih yang jatuh ke puncak Gunung Merapi. Gunarto menyebut durasi jatuhnya cahaya itu begitu cepat.

Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging mengatakan bahwa benda bercahaya yang jatuh dan viral di media sosial dimungkinkan adalah meteor.

Benda yang diduga meteor itu memancarkan warna cyan, karena membawa kandungan magnesium.

Terkait viralnya penemuan benda bercahaya yang diduga sebagai meteor ini, Emmanuel mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan benda tersebut wajib melaporkannya kepada pihak berwajib. Sementara, pihak Lapan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan tindakan. Masyarakat diminta untuk tidak dekat-dekat jika menemukan benda antariksa yang jatuh. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilannya :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini