Sandiaga Uno, Penguasa Baru Takhta Sapta Pesona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan resuffle Kabinet Indonesia Maju, dengan mengganti enam pos kementerian, salah satunya adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang sebelumnya dipimpin Wishnutama, kini diamanahkan kepada Sandiaga Salahuddin Uno.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha dan politikus yang namanya terbilang populer di Indonesia. Sebagai pebisnis besar, Sandi juga aktif dalam berbagai dinamika politik di Tanah Air bersama parpol Gerindra.

Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan, sejak Oktober 2017, hingga memutuskan mundur pada September 2018, karena maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Ia kemudian bertarung melawan petahana Joko Widodo yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin. Pasangan Prabowo-Sandi kemudian keluar sebagai pihak yang kalah.

Usai pertarungan besar itu, Prabowo masuk kabinet sebagai Menteri Pertahanan, sementara Sandiaga kembali mengurusi bisnis dan kegiatan politiknya di Gerindra. Ia akhirnya kembali bergabung dengan Prabowo di Kabinet Indonesia Maju, usai ditetapkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Jokowi.

Sandiaga meraih gelar sarjananya di Wichita State University pada 1990. Kemudian, menyandang gelar magister di George Washington University pada 1992, dan gelar doktor pada 2020 di Universitas Pelita Harapan.

Sebagai pebisnis besar, Sandiaga Uno memiliki harta yang berlimpah dari hasil kerja kerasnya. Tahun 2009, Sandi pernah masuk daftar 40 orang terkaya di Indonesia, berada di peringkat 29, versi majalah Forbes dengan total harta mencapai 400 juta dolar AS.

Kemudian, peringkatnya turun pada 2018 hingga 2019. Forbes mencatat kekayaan Sandiaga Uno pada 2019 mencapai 350 juta dolar AS.

Sosok yang kerap dijuluki sebagai Papa Online oleh netizen Indonesia ini menikah dengan Noor Asiah Abdul Aziz pada 28 Juli 1996. Dari pernikahannya, Sandi dikaruniai tiga anak, yakni Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini