Home Kisah Resmi Pensiun, Ini Perjalanan Karier Valentino Rossi

Resmi Pensiun, Ini Perjalanan Karier Valentino Rossi

0
156
rossi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Balapan di Valencia menjadi yang terkahir bagi Valentino Rossi. The Doctors resmi meninggalkan dunia yang membesarkan namanya.

Rossi adalah salah satu pembalap motor paling sukses masa kini. Ia telah menggeluti dunia MotoGP selama hampir 26 tahun dan berhasil menyabet sembilan gelar juara dunia.

Rossi merupakan salah satu pembalap yang mampu meraih Kejuaraan Dunia kelas 125cc, 250cc, 500 cc dan MotoGP. Rossi lahir Urbino, Italia pada 16 Februari 1979. Ayahnya, Grazuano Rossi juga merupakan seorang pembalap yang menggunakan nomor punggung 46 pada motornya.

Pria yang lebih dikenal dengan sebutan “The Doctors” memulai debutnya sebagai seorang pembalap pada tahun 1996, dimana saat itu Rossi berada di kelas 125 cc bersama Scuderia AGV Aprilia.

Bersama Aprilia, Rossi berhasil menorehkan catatan yang cukup bagus. Ia menduduki peringkat 9 klasemen pada musim pertamanya. Talenta Rossi sudah terlihat sejak belia, saat itu masih berumur 21 tahun. Hal ini membuat Honda akhirnya merekrutnya ke kategori 500cc dan langsung menjadi lawan untuk Kenny Roberts yang saat itu pemegang juara dunia.

Pada musim pertamanya, Rossi beberapa kali naik podium dan mampu menyelasaikan satu musim dengan posisi runner-up. Lalu, musim berikutnya, tepatnya tahun 2001, nama Rossi semakin dikenal setelah sukses meraih juara dunia di kelas utama untuk pertama kalinya.

Setelah dua musim berlalu bersama Honda, Rossi memilih hengkang ke Yamaha. Di Yamaha, Rossi kembali mengukir kesuksesan. Ia menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2004 dan 2005.

Sepanjang karier, Rossi berhasil mencatat tinta kesuksesan dengan meraih 199 podium, 115 diantarannya adalah podium pertama, 67 podium kedua dan 53 podium ketiga.

Rossi berperan penting dalam kepopuleran MotoGP. Gaya balapnya yang sedikit nyentrik memikat hati penggemar dengan berbasis internasional, termasuk Indonesia. Meski performanya menurun beberapa tahun terakhir, jumlah penggemar Rossi masih melebihi penggemar pembalap lainnya.

Reporter: Shafira Annisa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here