Mobil Ini Digunakan Presiden Indonesia Selama Bertugas

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Istana negara seolah tak pernah melupakan sejarah. Dua mobil kepresidenan era Presiden Soeharto sengaja diparkir di kompleks Istana Kepresidenan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dua mobil jenis sedan Cadillac tipe Fleetwood Brougham keluaran tahun 1980 sengaja dipamerkan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya mengeluarkan koleksi mobil kepresidenan untuk para undangan yang ingin berfoto dan menambah pengetahuan masyarakat terhadap kendaraan kepresidenan. “Tahun ini kami sajikan 2 mobil saja, masih ada di gudang beberapa kendaraan,” ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan.

Heru menuturkan dua mobil tersebut digunakan dengan rentang waktu sejak 1987 hingga tahun 1990. “Jadi yang pakai mobil ini presiden pada masa itu,” kata dia.

Tak hanya itu, Heru menyebut dua mobil tersebut khusus dipesan pemerintah Indonesia saat itu. Mobil tersebut juga digunakan Presiden Soeharto dalam kurun waktu 1987-1990, serta pernah digunakan untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan.

Interior mobil sedan hitam yang pernah mengantar Pak Harto berdinas ini memang terlihat terjaga keantikannya. Ruang kabin penumpang bagian belakang terasa lapang dengan kulit jok yang tetap dipertahankan keasliannya. Di samping pengemudi juga terlihat perlengkapan bendera merah putih dan pelat `Indonesia 1′ yang siap dipasang kapan pun presiden RI berkenan menggunakannya.

Berikut mobil-mobil yang pernah digunakan Presiden Republik Indonesia.

Presiden Soekarno
1. Buick-8 tipe Limited-8 buatan tahun 1939 mesin 5.247 cc.

Buick 8

2. Cadillac 75


3. Mercedes-Benz 600


4. Gaz 13


5. Zil 111


6. Lincoln Cosmopolitan


7. Chrysler Imperial

 

Presiden Soeharto
1.Mercedes-Benz 500SEL.


2.Mercedes-Benz S600.

 

Presiden Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati

Mobil yang digunakan adalah lungsuran dari era Soeharto yaitu Mercedes-Benz s600

 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

 

 

 

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini