Mayjen Herman Asaribab, Jenderal Infanteri Asli Papua yang Jadi Pangdam Cenderawasih

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk putra Papua asli, Mayjen TNI Herman Asaribab sebagai Panglima Kodam XVII/Cenderawasih. Penunjukkan Herman tersebut sesuai dengan Surat keputusan Panglima bernomor Kep/872.a/VIII/2019.

Keputusan itu keluar setelah meralat surat keputusan tentang pergantian Pangdam Cenderawasih dan Pangdam Kasuari. Selasa, 3 September 2019.

Sebagai Jenderal Infanteri, Herman kini menjadi harapan baru dibalik tensi tinggi di tanah Cenderawasih. Ia dipilih untuk mengantikan posisi Mayjen Yosua Pandit Sembiring.

Karir Herman di TNI pun tak perlu diragukan lagi. Pria kelahiran Papua 10 Juni 1964 ini terakhir bertugas di Kodam Militer XII Tanjung Pura, merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Lulusan Akmil pada tahun 1988 ini diketahui meniti karir di Korps Infanteri. Bahkan ia berkali-kali Herman bertugas di Papua.

Dia pernah menjadi Komandan Yonif 751 di Jayapura. Lalu menjadi Danbrigif 20/Ima Jaya Keramo Timika saat berpangkat kolonel tahun 2010.

Terakhir, tahun 2013, Herman mengenyam pendidikan di Amerika saat menjabat Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi. Dia kemudian bertugas di Jakarta dan Bandung, sebelum kembali menjadi Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2015 lalu.

Saat bertugas, Herman pernah menjalankan Operasi Timor-Timor pada tahun 1990. Operasi Timor-Timor 1996, lalu Satgas Rajawali Papua pada tahun 2006. (Pramirvan Datu)

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini