Burger Makanan yang Berasal dari Hamburg Jerman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Burger atau nama lain dari Hamburger merupakan makanan berupa roti bundar yang berisi olahan daging (patty), selada, tomat, bawang bombay serta berbagai saus, seperti saus tomat, mustard, mayones

Nama hamburger bukan berasal dari “ham” atau daging asap dalam bahasa Inggris, melainkan berasal dari nama kota Hamburg di negara Jerman yang menjadi awal mula daging di dalam burger berasal. Jadi, arti kata hamburger berarti “makanan yang berasal dari Hamburg”. Kemudian dari kota kedua terbesar di Jerman ini banyak penduduknya yang beremigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan burger ke sana.

Sebelum menyebar di Eropa, daging burger sudah lama menjadi makanan khas bangsa Tartar di Asia Tengah.  Makanan tersebut berupa daging cincang mentah dengan perasan jeruk. Lalu makanan tersebut menyebar ke benua Eropa, tepatnya ke kota Hamburg. Karena masyarakat di sana menolak memakan daging yang tidak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mengalami modifikasi dengan cara bakar dan goreng.

Populer di Amerika

Sajian daging tersebut kemudian semakin banyak yang suka. Lama kelamaan orang-orang menyebutnya Hamburger Steak.  Daging hamburg tersebut memang bawaan para imigran Hamburg ke Amerika. Dari Amerika lah penganan burger, yakni roti bulat yang berisi daging dengan berbagai sayur dan acar, mulai populer hingga sekarang.

Ada berbagai macam versi awal mula terciptanya burger atau hamburger di Amerika. Ada yang mengatakan bahwa penemu burger adalah dua bersaudara dari Ohio, yakni Frank dan Charles Menches . Awalnya mereka menjajakan sandwich dengan isi sosis. Namun, suatu saat mereka kehabisan sosis, akhirnya mereka mengganti dengan daging sapi cincang sebagai isian untuk rotinya. Penemuan makanan secara tidak sengaja itulah menjadi Burger.

Versi Seymour

Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin, Amerika menyebut nama Charlie Nagreen sebagai pencipta hamburger. Pada saat itu Charlie berjualan sandwich dengan isi bakso di Seymour Fair pada tahun 1885. Namun, karena makanan tersebut tidak laku, akhirnya dia mendapat ide untuk melakukan pemipihan pada bakso serta menaruhnya diantara irisan roti. Hasilnya, temuan Charlie tersebut digemari oleh banyak orang.

Sedangkan menurut catatan Perpustakaan Kongres Amerika Serikat serta Pemerintah negara Connecticut, hamburger pertama kali dijajakan pada tahun 1895 oleh orang yang bernama Saat Louis Lassen. Awalnya, jajanan itu belum mempunyai nama. Kemudian datang pelaut-pelaut dari kota Hamburg, Jerman yang mampir ke restoran Louis Lassen dan menamakan jajanan tersebut dengan nama “Hamburger”.

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat, Bersatu dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju

Mata Indonesia, Sleman - Kasiter Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Tri Sugiarto mewakili Danrem 072/Pamungkas hadiri kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) TA. 2024 bertempat di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Jalan Palagan Tentara Pelajar No.106, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Selasa, (21/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini