Berasal dari Ketindaksengajaan, Ignacio Nacho Ciptakan Keripik Nachos

Baca Juga

MATA INDONESIA, MEXICO CITY – Berawal dari ketidaksengajaan koki Ignacio ‘Nacho’ Anaya saat restorannya kedatangan sekelompok istri dari tentara Angkatan Udara AS yang berdiam di perbatasan Texas-Meksiko. Para wanita ini sering bertandang ke Meksiko dan berbelanja untuk bersenang-senang.

Wilayah yang didatangi para wanita itu adalah Piedras Negras, kota yang terletak di seberang Rio Grande River. Di kota itu ada restoran bernama Victory Club yang cukup populer karena kelezatannya masakannya.

Ignacio 'Nacho' Anaya
Ignacio ‘Nacho’ Anaya

Saat itu masih pagi dan belum ada pegawai di dapur yang masuk. Nacho menyadari bahwa saat itu di dapur hanya ada dirinya sendiri.

Menurut Oxford Companion of Food and Drink, Nacho melihat sekitar dapur apa saja yang tersedia. Dengan memanfaatkan yang ada, ia lalu mengkombinasikan keju dan jalapenos di atas tumpukan tortilla lalu menyajikannya pada mereka. Siapa sangka makanan ini disukai oleh para wanita itu. Akhirnya mereka memesan masakan itu untuk dibawa pulang ke rumah.

Sejak itulah makanan itu populer. Orang-orang menyebut makanan itu sebagai makanan Nacho. Lama kelamaan karena banyak ditiru orang, makanan ini diberinama Nachos.

Makanan ini sebenarnya sederhana. Hanya mencampurkan keripik tortila yang krispi dan asin, saus keju panas yang meleleh dan jalapeno yang pedas.

Nachos patut berterima kasih pada seorang pria bernama Frank Liberto yang menemukan cara untuk membuat keju buatan yang lebih mudah saat menyajikan Nachos. Khususnya di acara luar ruangan yang besar. Jenis keju nachos ini tidak perlu dipanaskan saat disajikan.

Usai itu, nachos makin populer dan banyak diminati hingga ke berbagai negara. Saat ini Nacho pun semakin berkembang dan memiliki banyak variasi dengan tetap memakai bahan dasar kripik tortila.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini