Usai Pemilu, Disdag Gunungkidul Buru-buru Gelar Operasi Pasar Tekan Naiknya Harga Beras

Baca Juga

Mata Indonesia, Gunung Kidul – Dalam upaya mengontrol kenaikan harga beras, Dinas Perdagangan (Disdag) Gunungkidul kembali menyelenggarakan operasi pasar. Operasi ini dijadwalkan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Disdag Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, menyatakan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan operasi pasar ke Bulog pada tanggal 7 Februari 2024 untuk beberapa pasar, termasuk Pasar Argosari, Playen, Semin, Tengaran di Karangmojo, Nglipar, Ngawen, Karangijo di Ponjong, Trowono di Paliyan, dan Munggi di Semanu.

“Tetapi, rencana pelaksanaannya akan ditunda setelah Pemilu. Kami sebelumnya juga telah mengadakan operasi pasar pada tanggal 5 Februari kemarin,” ujar Kelik Rabu 21 Februari 2024.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Disdag Gunungkidul, Ris Heryani, menjelaskan bahwa operasi pasar sudah dilakukan pada awal tahun 2024, kemudian dilakukan tiga kali di sembilan pasar di Gunungkidul pada awal Februari.

“Operasi pasar akan kembali dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan, setelah Pemilu, dimulai pekan ini,” kata Ris.

Menurut Ris, harga beras mengalami kenaikan di Pasar Argosari. Harga beras medium naik menjadi Rp15.500 per kilogram dari sebelumnya Rp13.000, sedangkan harga beras premium naik menjadi Rp17.500 per kilogram dari sebelumnya Rp15.000. Kenaikan harga ini disebabkan oleh mundurnya masa panen akibat dampak El-Nino.

Ratna Briani, Subkoordinator Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, menyatakan bahwa belum ada panen di Gunungkidul karena dampak El-Nino.

“Belum ada panen dan harga gabah juga naik. Harga gabah yang semula sekitar Rp6.000 per kilogram sekarang sudah mencapai Rp8.000 per kilogram atau lebih,” ujarnya.

Meskipun demikian, stok beras di Gunungkidul saat ini dikatakan masih dalam kondisi cukup. Menurut Ratna, Bulog telah menyediakan stok beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) serta beras Premium yang didistribusikan ke pasar-pasar besar di Kabupaten Gunungkidul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini