Survey Terbaru, Ganjar Pranowo Teratas Salip Prabowo dan Anies

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalip nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam tingkat kepopuleran di masyarakat.

Lembaga survei CiGMark mengungkapkan ketiganya menjadi pilihan masyarakat berdasarkan pertanyaan terbuka atau top if mind capres di pemilu 2024 mendatang.

Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan sebagai sosok dengan elektabilitas tertinggi.

  • Ganjar mempunyai tingkat keterpilihan 14,1 persen
  • Prabowo 11,7 persen
  • Anies 9,5 persen.

“Dalam pertanyaan terbuka atau top of mind tanpa pilihan, elektabilitas Ganjar tertinggi jika pemilu hari ini,” kata Pendiri CiGMark, Setia Darma dalam paparan surveinya di Jakarta, Selasa 5 Juli 2022.

Ketiga politisi tersebut juga tetap berada di urutan teratas sebagai pilihan masyarakat dalam pertanyaan tertutup. Dalam 18 nama, Ganjar mendapati elektabilitas 24,4 persen; Prabowo 23 persen dan Anies 15 persen.

Sementara elektabilitas Ridwan Kamil tercatat masih berada di 9,5 persen. Setelah itu baru Sandiaga Uno sebesar 4,1 persen. Sedangkan calon lainnya semisal Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani hingga Erick Thohir berada di bawah 3 persen.

”Dari data survei ini menunjukkan adanya temuan baru. Saat ini ada empat nama capres yang berada di papan atas. Sebelumnya hanya ada 3 nama,” kata Setia.

Posisi elektabilitas tersebut masih mungkin untuk mengalami perubahan ke depannya. Dia melanjutkan, hal itu mengingat jumlah swing voter yang terpotret pada survei ini sebanyak 54,8 persen.

Sebelumnya, survei CiGMark bertajuk Peta Dukungan Calon Presiden 2024 ini  dilakukan terhadap 1.200 orang responden berusia di atas 15 tahun yang berada dari 34 provinsi. Survei dilaksanakan sepanjang 9-17 Juni 2022.

Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. Sedangkan, margin of error survei sekitar 2.90 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini