Progres Pembangunan TPST Piyungan Tahap 2 Capai 92 Persen, Penyelesaian Diprediksi Rampung Akhir Oktober

Baca Juga

Mata Indonesia, Bantul – Dinas PUP ESDM DIY mengebut pembangunan TPST Piyungan Transisi Tahap 2. Pembangunan sudah mencapai 92 persen dan penyelesaian diprediksi pada Oktober akhir nanti.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP ESDM DIY, Rosdiana Puji Lestari mengatakan bahwa penyelesaian ada di bagian pembuangan air lindi.

“Saat ini menyisakan pada Instalasi Pengolahan Lindi (IPL) di lokasi pembuangannya,” terang Rosdiana, Sabtu 14 Oktober 2023.

Ia menjelaskan bahwa tampungan sampah di lokasi transisi tahap 2 sudah selesai. Namun untuk memastikan kondisi pembangunan berjalan baik, pihaknya akan mengujicoba terlebih dahulu.

“Kalau yang di transisi 1 dulu itu kan hanya dikerjakan di bagian tampungan sampahnya karena lindinya kita masih berharap untuk diolah di IPL eksisting. Ternyata sekarang sudah overload dan di transisi 2 ini kita bangun IPL baru,” sebut dia.

Lokasi transisi 2 ini bisa menampung sekitar 149 ribu meter kubik sampah. Memang angka itu lebih kecil dibanding kapasitas tampungan tahap 1 yang bisa menampung 155 ribu meter kubik. Saat ini di tahap 1 sudah 98 persen terisi.

Pihaknya menjelaskan bakal ada penataan sampah di lokasi tahap 1 sebelum lokasi tahap 2 digunakan. Termasuk juga mengubah olahan air lindi dari lahan eksisting dialihkan ke pengolahan IPL yang baru saja dibangun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini