Presiden Jokowi: Santri Tetap Siaga Membela Tanah Air

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tepat hari ini, Jumat 22 Oktober 2021 diperingati hari santri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan mendalam untuk para santri.  

Para santri diminta tetap siaga untuk membela tanah air walaupun zaman telah berubah. Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam akun instagramnya @Jokowi, Jumat 22 Oktober 2021.

“Zaman berubah-ubah dengan tantangannya sendiri-sendiri. Dan di setiap perubahan zaman itu, para santri Indonesia tetap teguh pada satu hal, siap siaga membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian,” katanya.

Di masa pandemi, kata Jokowi, peran para santri untuk memutus mata rantai Covid-19 sudah terlihat. Upaya tersebut tercipta agar Indonesia bisa segera keluar dari masa sulit saat ini.

Hari Santri secara resmi ditetapkan pada 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo. Regulasi yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 ini meski bukan libur Nasional namun tetap disambut gembira oleh umat muslim di seluruh penjuru negeri.

Pada mulanya, Hari Santri Nasional ini rencananya akan ditetapkan oleh presiden Jokowi pada satu Muharam mengikuti penanggalan Hijriah. Namun karena Nahdlatul Ulama (NU) sebagai pengusung utama Hari Santri Nasional- mengajukan 22 Oktober sebagai hari Santri Nasional, akhirnya Presiden Jokowi mengabulkan permintaan NU tersebut.

Di mana tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan penandatanganan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945), yang digagas pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari dan puluhan Kiai se Jawa-Madura. Resolusi Jihad ini dianggap sebagai ikrar sekaligus manifestasi dukungan ulama dan para santri terhadap kemerdekaan Indonesia.

Di antara poin penting yang tertuang dalam Resolusi tersebut adalah bahwa membela tanah air dari penjajah hukumnya fardhu ‘ain atau wajib bagi setiap individu dan yang membela penjajah menjadi kafir. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini