Aneh, Pemerintah Afrika Selatan Tolak Vaksin Sputnik V

Baca Juga

MATA INDONESIA, CAPE TOWN – Vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V mendapat penolakan di Afrika Selatan. Regulator obat Afrika Selatan beralasan bahwa perusahaan vaskin tersebut tak mampu menjawab beberapa masalah keamanan yang mereka ajukan.

Otoritas Pengatur Produk Kesehatan Afrika Selatan atau SAHPRA, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa permintaan untuk Sputnik V untuk disahkan tidak dapat disetujui saat ini.

Hal ini mengacu pada vaksin HIV yang gagal di masa lalu yang menggunakan teknologi serupa. Tetapi regulator menambahkan bahwa proses peninjauannya terus berlanjut dan masih terbuka untuk menerima data keselamatan lebih lanjut dari pabrikan Rusia.

Sebuah studi tahap akhir yang diterbitkan dalam jurnal Lancet tahun lalu di lebih dari 20 ribu peserta menemukan bahwa Sputnik V aman dan sekitar 91 persen efektif dalam mencegah orang menjadi sakit parah akibat terinfeksi Covid-19.

Sputnik V menggunakan dua jenis virus tidak berbahaya yang dikenal sebagai adenovirus untuk membawa protein lonjakan ke dalam tubuh, yang kemudian memperkuat sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi terhadap Covid-19.

Dan pihak SAHPRA mengatakan kekhawatiran telah dikemukakan tentang keamanan Adenovirus Tipe 5, yang digunakan dalam salah satu dosis Sputnik V. Dosis lainnya mengandung Adenovirus Tipe 26, yang juga digunakan oleh Johnson & Johnson.

Pejabat Afrika Selatan menunjuk pada dua studi penelitian yang gagal menguji vaksin HIV juga menggunakan Adenovirus Tipe 5, yang menemukan laki-laki yang divaksinasi memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi HIV.

“Kami telah meminta pembuat Sputnik V Rusia untuk memberikan data yang membuktikan keamanan vaksin di negara dengan tingkat HIV yang tinggi tetapi mereka tidak dapat memenuhi permintaan kami secara memadai,” kata pihak regulator, melansir Africa News.

Dalam sebuah pernyataan, Gamaleya Center – produsen Sputnik V, menyebut kekhawatiran tentang vektor vaksin yang sama sekali tidak berdasar. Dikatakan spekulasi tentang hubungan antara Adenovirus Tipe 5 dan penularan HIV pada populasi berisiko tinggi didasarkan pada penelitian skala kecil yang tidak meyakinkan di antara sukarelawan dengan perilaku berisiko yang sangat mungkin.

Julian Tang, ahli virus di Universitas Leicester Inggris, bingung dengan keputusan Afrika Selatan untuk menolak Sputnik V.

“Ini adalah hubungan yang aneh untuk dibuat,” katanya, menjelaskan bahwa sementara kekhawatiran masa lalu telah dikemukakan tentang penggunaan vektor virus tertentu di Sputnik V, masih banyak yang belum pasti,” tuturnya.

“Bukan vektor yang menyebabkan HIV jadi Anda tidak bisa menyalahkannya begitu saja,” kata Tang.

Vaksin yang dibuat oleh AstraZeneca menggunakan adenovirus simpanse terkait; baik itu dan vaksin buatan Johnson & Johnson telah disetujui di Afrika Selatan.

Di tengah keragu-raguan vaksin yang meluas di Rusia, pihak berwenang telah berjuang untuk meyakinkan orang untuk divaksinasi dan tingkat imunisasi di negara itu tetap sangat rendah, sekitar 32 persen, meskipun ketersediaan Sputnik V terbilang cukup.

Sputnik V saat ini juga sedang dipertimbangkan untuk disahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Obat Eropa. Dosis ini telah diberi lampu hijau di lebih dari 70 negara. Sampai saat ini tidak ada masalah keamanan yang signifikan telah diidentifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini