Lakukan Pengecekan Terakhir DCT, KPU Kulon Progo Pastikan Tak Ada Lagi Sengketa Administrasi

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – KPU Kulon Progo memastikan Daftar Calon Tetap (DCT) calon legislatif yang mendaftarkan diri ke KPU sudah lengkap. Pihaknya sudah melakukan pengecekan terakhir disaksikan para perwakilan parpol, dengan hasil pengecekan dan nama caleg tersebut sudah disetujui oleh dua pihak.

Komisioner Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kulon Progo, Hidayatut Thoyyibah mengataka bahwa persetujuan terhadap DCT ini penting karena bakal menjadi surat suara yang bakal dicetak untuk Pemilu 2024.

“Jadi semua perlu dicermati dan disetujui calon anggota legislatif. Kami juga sudah melakukan pencerahan di aplikasi sistem pencalonan (silon),” kata dia Selasa 7 November 2023.

KPU Kulon Progo juga sudah melakukan koordinasi dengan KPU RI terkait DCT tersebut. Sehingga ia berharap dengan keterlibatan parpol dalam penyusunan rancangan surat suara tidak ada lagi sengketa administrasi dan sengketa proses.

DCT peserta Pemilu 2024 untuk lima daerah pemilihan (Dapil) Kulon Progo tercatat sebanyak 436 orang caleg. Jumlah itu terdiri dari 185 caleg perempuan dan 251 caleg pria.

Terpisah, Kepala KPU Kulon Progo, Budi Priyono mengungkapkan, pembuatan draf surat suara sudah melibatkan parpol. Penetapan DCT juga mengundang parpol untuk memantau finalisasi DCT nanti.

“Jadi potensi sengketa penetapan DCT Pemilu 2024 ini bisa saja minim. Kami juga sudah menyaring dan melakukan pencermatan antara DCT dengan contoh surat suara yang kami sosialisasikan,” jelas dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini