Jokowi: Megah, Ini Wajah Baru Masjid Istiqlal Usai Renovasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan wajah baru Masjid Istiqlal lewat media sosialnya. Masjid ini direnovasi sejak Mei di tengah pandemi corona.

“Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp 475 miliar,” tulis Jokowi dikutip dari Instagram Jokowi, Minggu 26 Juli 2020.

“Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jemaah itu”

Renovasi itu berupa penambahan plaza-plaza, pembangunan parkir bawah tanah yang sangat luas, renovasi gerbang, fasad, dinding, hingga ruang wudu, dan interior dalam dipercantik dengan permainan lampu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Iduladha 31 Juli mendatang.

“Saya dan Imam Besar Masjid Istiqlal bersepakat dan berjanji kepada Bapak Presiden Joko Widodo supaya Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Idul adha, Alhamdulillah ternyata bisa. Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan,” katanya.

Diketahui Masjid Istiqlal Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Masjid Istiqlal memiliki luas 91.629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini