Jokowi dan Sri Mulyani Masuk Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kembali masuk ke daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia versi the Muslim 500.

Dalam deretan daftar tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 202 ini, Jokowi berada di peringkat 13. Sementara Sri Mulyani, masuk daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2022 dari sektor bisnis. Di Asia, dia hanya bersanding dengan Raja Brunei Darussalam Sultan Hasannah Bolkiah.

Dalam riset yang dibuat oleh Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategi Studies Center/RISSC), terungkap sejumlah alasan mengapa Jokowi masuk dalam jajaran tokoh muslim dunia. RISSC ini merupakan lembaga independen yang punya afiliasi dengan Kerajaan Yordania di Amman.

“Joko Widodo atau Jokowi begitu ia dikenal, terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia dalam pemilihan umum April 2019, memenangkan 55,5 persen suara dan akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024. Presiden Widodo memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Ma’ruf Amin adalah pemimpin Majelis Ulama Indonesia, badan ulama Muslim terkemuka di negara itu,” jelas RISSC seperti dilihat pada laman themuslim500, Senin 1 November 2021.

“Presiden Widodo adalah presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari militer atau elit politik. Ia berasal dari latar belakang sederhana keturunan Jawa. Ayahnya memiliki bisnis furnitur kecil-kecilan, yang seringkali tidak dapat mencukupi kebutuhannya,” lanjut penjelasan tersebut.

Sementara, Sri Mulyani dikatakan merupakan salah satu dari pembuat kebijakan di Indonesia yang memiliki profil skala internasional.

Selama kepemimpinannya sebagai Menteri Keuangan, Indonesia yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, juga mampu masuk sebagai salah satu dari 20 negara perekonomian terbesar dunia.

Bahkan Indonesia mencatatkan perekonomian tercepat di wilayahnya. Dikatakan, ini semua berkat kombinasi kebijakan ekonomi politik dan kestabilan kondisi politik di Indonesia.

Sri Mulyani pernah terpilih sebagai Managing Director Bank Dunia pada 2010 dan bertugas hingga 2016.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini