Jadi Ketua Dewan SDA Nasional, Ini Daftar Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dari mulai zaman reformasi hingga sekarang, hanya Luhut Binsar Panjaitan yang punya jabatan banyak. Dan tak ada satupun pejabat yang menandinginya.

Sehingga banyak orang mempertanyakan kapasitas Luhut sehingga ia bisa memegang banyak jabatan dalam satu waktu. Seperti halnya Presiden Joko Widodo yang baru membentuk Dewan Sumber Daya Air Nasional atau Dewan SDA Nasional. Lembaga yang terbentuk melalui Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 53 Tahun 2022 pun kembali menuai kontroversi. Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan untuk memimpin organisasi baru ini.

Jabatan baru Luhut ini, menambah deretan jabatan pria yang sering disebut-sebut sebagai menteri segala urusan.

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dari 2019 hingga sekarang.

2. Koordinator PPKM Jawa-Bali

Selama pandemi Covid-19, Luhut mengemban tugas sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali. Penunjukan Luhut ini sejak akhir Juni 2021 sebagai koordinator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Atau PPKM Darurat Jawa-Bali.

3. Wakil Ketua KPCPEN

Selain itu, Luhut juga menjadi Wakil Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

4. Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamat 15 Danau Prioritas

Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional juga menjadi jabatan Luhut. Dewan ini terbentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60/2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Tugasnya antara lain memberikan arahan dan pencapaian, pemantauan dan evaluasi, serta pembinaan dan pengawasan strategi penyelamatan danau prioritas nasional.

5. Ketua Tim Gernas Bangga Buatan Indonesia

Mantan Dubes di Australia ini juga menjadi Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Gernas BBI merupakan gerakan untuk memperkuat branding produk-produk UMKM dalam negeri. Serta memperluas akses pasar melalui penjualan digital.

6. Ketua Komite Kereta Cepat Jakara-Bandung

Tak hanya itu Luhut juga menjadi Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Penunjukan itu termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

7. Ketua Tim Nasional P3DN

Jokowi juga menunjuk Luhut sebagai Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) pada 2018. Penunjukan Luhut melalui Keppres No. 24 Tahun 2018. Tugas Luhut ialah memantau penggunaan produksi dalam negeri sejak tahapan perencanaan dalam pengadaan barang dan jasa oleh instansi pemerintah, termasuk BUMN dan BUMD.

8. Ketua Dewan SDA Nasional

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membentuk Dewan Sumber Daya Air Nasional atau Dewan SDA Nasional. Jokowi pun menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan untuk memimpin organisasi baru ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini