Gencar Rapikan DPS untuk Pemilu 2024, Sebanyak 10 Ribu Lebih Pemilih Sementara di Gunungkidul Dihapus

Baca Juga

Mata Indonesia, Gunung Kidul – Meski jarak gelaran Pemilu 2024 masih cukup lama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul terus melakukan persiapan terhadap pesta Demokrasi Rakyat lima tahunan ini.

Saat ini KPU Gunungkidul telah merapikan sejumlah DPS masyarakat di wilayah setempat, dengan menghapus data warga yang tak memenuhi syarat atau TMS.

“Jika ditotal DPS di Gunungkidul ada sekitar 616.419 jiwa,” terang Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani Sabtu 8 April 2023.

Ia melanjutkan bahwa sebanyak 10.800 calon pemilih di Gunungkidul dihapus dari DPS.

Ruslan merinci, jumlah DPS yang dihapus itu sebanyak 315.115 orang perempuan dan 301.304 orang pemilih laki-laki.

“Jadi banyak kategori, ada calon pemilih yang meninggal dunia. Pemilih di bawah umur, pindah domisili hingga berubah status menjadi TNI/Polri,” katanya.

Ia juga mengingatkan warga untuk membantu mendata secara akurat. Pasalnya peran penting juga ada di masing-masing masyarakat Gunungkidul.

Meski begitu, jajarannya masih berusaha memperparui data calon pemilih hingga batas waktu pendataan. Dengan begitu, jumlah DPS yang ditolak belum mutlak dan masih akan berubah.

“Setelah DPS ini diperbaiki, kita umumkan lagi. Selanjutnya kita tetapkan untuk DPT Pemilu 2024 mendatang,” terangnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini