El Nino Buat Petani Ketar-ketir, Pemkot Jogja Beberkan Kondisi Bahan Pokok Agustus Ini

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Puncak El Nino yang diprediksi akan mengancam warga DIY di bulan Agustus-September 2023 membuat petani was-was. Dampak kekeringan bisa mengancam tanaman termasuk kebutuhan bahan pokok di Kota Pelajar.

Meski begitu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani menyebutkan bahwa bencana yang disebabkan El Nino berpotensi mengancam beberapa sektor.

Namun untuk kebutuhan bahan pokok di Kota Jogja dipastikan tercukupi. Hal itu menyusul dengan pengelolaan masuk keluarnya distribusi yang dilakukan Pemkot. Bahan pokok yang tersedia juga dianggap cukup hingga El Nino reda.

“Masih terkonidisi semua, baik dari stok bahan pokoknya, termasuk juga harga-harganya,” terang Ambar, Sabtu 5 Agustus 2023.

Ia melanjutkan untuk bahan pokok seperti beras masih di kisaran Rp11-13 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit berada di kisaran harga Rp47 ribu dan cabai merah keriting di harga Rp36 ribu per kilogramnya.

Ambar mengatakan ancaman El Nino yang berdampak pada kekeringan terus dipantau oleh Pemkot. Meski bukan penghasil produk kebutuhan pokok warga Jogja, pihaknya terus berkoordinasi antar wilayah.

“Untuk El Nino nanti kita lihat perkembangannya. Kemungkinan (puncak) di bulan September nanti,” kata dia.

Ambar belum berencana menggelar operasi pasar untuk menekan harga yang dikhawatirkan melonjak setelah El Nino terjadi. Ia hanya mengimbau masyarakat tak perlu khawatir.

“Yang jelas, untuk kebutuhan stok selalu kami sediakan. Apabila kurang, sudah ada koordinasi yang kami lakukan agar bahan-bahan tersebut tetap tercukupi,” kata dia.

BMKG memprediksi bahwa ancaman El Nino sudah bergerak menuju Indonesia. DIY salah satu wilayah yang kerap mengalami dampak ancaman tersebut. Prediksinya puncak El Nino terjadi pada September pertengahan hingga akhir bulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini