Danrem 072/Pamungkas dampingi Kunjungan Kerja Danpusterad di Kabupaten Kulon Progo

Baca Juga

Mata Indonesia, Kulonprogo – Komandan Korem 072/Pamungkas (Danrem) Brigjen TNI Joko Purnomo mendampingi kunjungan kerja Komandan Pusat Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Muji Angkasa bertempat di Padukuhan Tulangan Kelurahan Ngargosari Kap. Samigaluh Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Sabtu (5/8/3023)

Setibanya di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Danpusterad beserta rombongan langsung melaksanakan kunjungan kerja ke Makodim 0731/Kulonprogo dan Lokasi TMMD Reguler -117 TA 2023.

Dalam sambutannya Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo mengucapkan selamat datang kepada Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa beserta rombongan di wilayah Kulon Progo dalam rangka pengawasan dan evaluasi (Wasev) TMMD Reguler Ke-117 Kodim 0731/Kulon Progo.

“TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terintegrasi antara TNI, Pemda, Instansi terkait dan masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan yang tertinggal, terisolasi, termiskin ataupun daerah terdampak bencana” jelas Danrem.

TMMD Reguler ke-117 Kodim 0731/Kulon Progo dilaksanakan di Padukuhan Tulangan Kel. Ngargosari Kap. Samigaluh Kab. Kulon Progo. Sasaran fisik berupa pembuatan jalan rabat beton, bronjong, Pos Kamling, drainase buis beton, RTLH, rehab mushola dan gereja, talud dan gorong-gorong plat beton. Sedangkan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, stunting, Narkoba, tata tertib hukum dan cegah klitih, penataan dan pengendalian sampah, cegah penyakit LSD (Lumpy Skin Desease) pada hewan, perlindungan perempuan dan anak, donor darah, pengembangan UMKM dan peningkatan produk UMKM.

“Dalam kegiatan TMMD melibatkan personel dari TNI, Polri, Relawan dan masyarakat sekitar. Diharapkan dengan TMMD dapat menanamkan rasa cinta kepada Bangsa dan Negara, serta merupakan wujud nyata prajurit Korem 072/Pamungkas dapat hadir membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya”pungkas Danrem

Sedangkan Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa menjelaskan bahwa kunjungan ini dalam rangka pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD Reguler ke-117 TA 2023 Kodim 0731/Kulon Progo.

“Pengawasan dan evaluasi TMMD Ke-117 TA 2023 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien”ucap Daspusterad

Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan tingkat Kab/Kota.

“Atas nama Kepala Staf TNI-AD selaku PJO TMMD mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat atas kerja sama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD. Semoga hasil TMMD dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat”.pungkas Danpusterad.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Nurwaliyanto selaku Dansatgas TMMD juga memaparkan secara singkat tentang kegiatan pelaksanaan TMMD Reguler Ke-117 TA 2023 Kodim 0731/Kulon Progo.

Selain meninjau langsung sasaran fisik TMMD rabat beton di Padukuhan Tulangan, Kel. Ngargosari, Kap. Samigaluh Kab. Kulon Progo, Danpusterad bersama rombongan juga berdialog dengan warga maupun dengan Satgas seputar pelaksanaan TMMD. Dialog dimaksudkan untuk menerima masukan sekaligus melakukan evaluasi pembangunan proyek fisik yang dilakukan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapok Sahli Pangdam IV/Dip Brigjen TNI Kusworo, Kasiter Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav Agus Waluyo, Pabandya Komsos Sterdam IV/Dip Letkol Inf Yahya, Dan Satrad 215/Congot Letkol Lek Bayu Ardiansyah, Sekda Kab. Kulon Progo Triyono, Wakapolres Kulon Progo Kompol Riko Sanjaya, Kepala Kejaksaan Negeri Kulon Progo Ardi Suryanto, Anggota DPRD F. PKB Suharto dan Forkopimcam Samigaluh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini