Bantul Selesaikan Infrastruktur Hijau Lewat TPST, Sampah Jadi Energi Baru

Baca Juga

Mata Indonesia, Bantul – Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya menyelesaikan masalah sampah hingga tuntas di tingkat kabupaten. Langkah ini diwujudkan dengan pembangunan beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di berbagai lokasi.

“Untuk mendukung penanganan sampah mandiri, Bantul sedang membangun TPST di beberapa titik,” ujar Penjabat Sementara Bupati Bantul, Adi Bayu Kristanto, pada Selasa 15 Oktober 2024

Saat ini, TPST Dingkikan di Kelurahan Argodadi telah beroperasi sejak dua bulan lalu. Selain itu, Intermediate Treatment Facility (ITF) Pasar Niten mulai beroperasi pada 2024, dan TPST Modalan di Banguntapan sedang dalam tahap pembangunan.

“Selain TPST di tingkat kabupaten, telah berjalan juga pengelolaan sampah terpadu dengan sistem 3R (reduce, reuse, recycle) atau TPS3R di tingkat kelurahan,” ungkap dia.

Pemkab Bantul juga terus mengoptimalkan pengelolaan sampah di tingkat kelurahan, seperti yang dilakukan di TPS3R Tamanan, Banguntapan, TPS3R Potorono, TPS3R Caturharjo, serta TPS3R Bantul yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

“Penerapan teknologi dalam pengelolaan sampah sangat penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Selain itu, teknologi juga berpotensi meningkatkan nilai ekonomi sampah dan membangun ekosistem ekonomi sirkular,” ujarnya.

Adi Bayu juga menegaskan bahwa penanganan sampah tidak hanya fokus di sisi hilir, namun juga di hulu, yaitu dengan mendorong masyarakat untuk memilah sampah dan membuangnya pada tempatnya.

“Peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah menjadi tugas bersama untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Sebagai langkah lanjutan, Pemkab Bantul telah bekerja sama dengan pabrik semen di Cilacap, Jawa Tengah, untuk memanfaatkan hasil pengolahan sampah dari TPST Argodadi sebagai bahan bakar alternatif pengganti batu bara, atau Refuse Derived Fuel (RDF).

“Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan membuka potensi pengembangan daerah dalam mengatasi masalah sampah, sehingga terwujud lingkungan yang lebih lestari,” ujar dia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmikan Amanah Youth Creative Hub, Presiden Jokowi Dorong Pemuda Aceh Go International

ACEH - Presiden Joko Widodo meresmikan Amanah Youth Creative Hub di Aceh Besar pada 15 Oktober 2024. Gedung ini...
- Advertisement -

Baca berita yang ini