Siapkan Sejumlah Pengawalan, Surat Suara Pilkada Jogja Dijadwalkan Tiba 16 Oktober 2024

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja memperkirakan bahwa surat suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja akan tiba di Gudang KPU setempat pada tanggal 16 Oktober 2024.

Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya Aryosamodro, menjelaskan bahwa proses pencetakan surat suara dijadwalkan selesai dan dikirim pada 15 Oktober 2024 dari Percetakan CV Arya Duta di Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Surat suara ini diperkirakan sampai di Gudang KPU Kota Jogja di Jalan Pramuka, Prenggan, Kotagede, pada 16 Oktober 2024,” ujar Noor Harsya, Selasa 15 Oktober 2024.

Jumlah surat suara yang akan dikirim mencapai 330.931 lembar, dan proses pengirimannya akan dilakukan dengan pengawalan dari pihak kepolisian. Selain surat suara, KPU Kota Jogja juga akan menerima logistik lainnya.

Untuk logistik tahap kedua, KPU Kota Jogja akan mendapatkan beberapa barang seperti sampul kertas, formulir model C hasil, dan daftar pasangan calon. Proses pengadaan logistik ini masih dalam tahap lelang.

KPU Kota Yogyakarta juga akan melakukan rekrutmen tenaga sortir-lipat surat suara, serupa dengan proses rekrutmen yang dilakukan pada Pemilu Presiden dan Legislatif Februari lalu.

“Jumlah tenaga yang dibutuhkan akan ditentukan setelah adanya arahan dari KPU DIY,” terang katanya.

Saat ini, Gudang KPU Kota Jogja telah menyimpan beberapa logistik Pilkada, termasuk bilik suara sebanyak 2.410 unit, kotak suara 690 unit, tinta 1.302 botol, serta segel kertas dan kabel pengikat.

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU Kota Jogja telah menetapkan sebanyak 320.594 pemilih, yang terdiri dari 153.449 pemilih laki-laki dan 167.145 pemilih perempuan. Para pemilih ini akan memberikan suara di 651 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 kecamatan di Kota Pelajar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peresmian Gedung AMANAH, Wujud Kolaborasi Presiden Jokowi dan BIN untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah

Oleh : Zulfikar Rahman Peresmian Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) di Banda Aceh menjadi salah satu...
- Advertisement -

Baca berita yang ini