Atasi Cacar Monyet Dengan Antioksidan? AWAS HOAKS!

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook yang menampilkan seorang laki-laki membawakan narasi virus cacar monyet dapat diatasi dengan antioksidan.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, ternyata klaim dalam video yang menyatakan virus cacar monyet dapat diatasi dengan antioksidan tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Peneliti Virologi Universitas Airlangga Arif Nur Muhammad Ansori menyebutkan sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan mampu melawan virus cacar air atau monkeypox (MPXV).

“Mekanisme kerja antioksidan dalam tubuh manusia dapat meningkatkan respons imun, menurunkan radikal bebas, dan lainnya. Dalam kajian virologi, secara umum, antioksidan memiliki potensi menurunkan laju replikasi atau perbanyakan virus,” jelasnya.

Peneliti Arif menambahkan hingga saat ini belum ada studi yang spesifik mengenai bagaimana antioksidan melawan MPXV. Hal ini sejalan dengan informasi dalam siloamhospitals.com yang menjelaskan hingga saat ini, belum ada obat spesifik untuk cacar monyet. Namun, kondisi ini biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam 2 s.d. 4 minggu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Ketua Umum DPP IMABA: Jawa Timur Perlu Gubernur Berhaluan Aswaja

Mata Indonesia - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Bata-bata (DPP IMABA) Supra, menyatakan bahwa Jawa Timur membutuhkan pemimpin yang memiliki ideologi Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Aswaja) untuk menjaga harmoni masyarakat dan memperkuat identitas keislaman di wilayah tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini