Argo Ajak Semua Pihak Satukan Hati Bangun Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan bahwa seluruh bangsa Indonesia mencintai Papua. Ia pun menekankan kepada Satgas Nemangkawi agar persoalan Papua harus ditangani lewat metode tanpa kekerasan (soft approach). Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Yakinkan kepada masyarakat dengan pendekatan soft approach walaupun terhadap gangguan keamanan dilakukan tindak hukum secara terukur dan tegas,” katanya dalam acara dalam webinar yang diselenggarakan Divisi Humas Polri bertajuk “Menyatulan Hati, Membangun Papua” yang disiarkan di akun YouTube Radio Smart FM, Rabu 16 Juni 2021.

Ia juga menyarankan agar semua pihak menyatukan hati untuk mendukung Papua tetap aman dan kondusif. Jika semua pihak bersatu disertai dengan ketegasan atas ancaman Kamtibmas, maka akan mempermudah jalannya pembangunan di tanah Papua.

“Mari satukan hati, untuk membangunan Papua yang kita cintai,” ujarnya.

Sementara Staf Ahli Menteri PPN/Kepala Bappenas Chairil Abdini mengingatkan, sudah ada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Dalam Inpres ini ditegaskan mengenai Rencana Aksi Pembangunan Kesjahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dalam semangat tranformasi otonomi khusus berlandaskan pendekatan afirmatif, holistik, berkesetaraan gender, dan kontekstual Papua,” katanya.

Selanjutnya Sosiolog Universitas Indonesia Prof. Dr. Paulus Wirutomo mengatakan, bahwa membangun Papua sudah menjadi isu internasional. Karena itu, persoalannya bukan hanya menyatukan hati, bukan hanya dengan rasionalitas, tetapi kata kuncinya adalah political will.

“Pembangunan untuk rakyat mayoritas harus segera dimulai agar pemerintah tidak terjebak dengan tuntutan-tuntutan politis kelas elit menengah (soal pelanggaran HAM, dialog, dan referendum),” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini