Antisipasi Kepadatan Kota saat Lebaran, Dishub Jogja Pantau Khusus Titik Gumaton Malioboro saat Macet

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta melakukan kerjasama dengan berbagai sektor untuk menjaga lalu lintas Kota Gudeg tetap aman selama libur Lebaran 2023.

Kepala Dishub Kota Jogja, Agus Arif Nugroho menyatakan bahwa pihaknya tak dapat bekerja sendiri. Oleh sebab itu dia berkoordinasi dengan aparat dan OPD lain di Kota Yogyakarta.

“Kami dengan kepolisian menyusun apa yang akan dilakukan pada saat menyambut libur lebaran. Seperti manajemen lalu lintas, penyiapan ruang¬†parkir, penguraian bila terjadi kepadatan. Kami koordinasi terus,” sebutnya, Kamis 13 April 2023.

Dishub juga berkoordinasi dengan aparat lainnya, yaitu TNI dan Satpol PP karena dipastikan, akan dilakukan manajemen lalu lintas pada saat libur lebaran.

Agus menyebut, tim koordinasi tengah menentukan ring kawasan wisata. Tugu Jogja-Malioboro-Keraton (Gumaton) dijadikan ring pertama. Namun untuk ring dua dan tiga, masih dalam pembahasan.

Kemacetan ini diperkirakan Agus akan diakibatkan oleh pemudik yang diprediksi jumlahnya mencapai 6,8 juta orang yang masuk DIY.

“Dipastikan pula, para pemudik tersebut menyempatkan dirinya bertandang ke Gumaton. Kalau dikonversikan dengan kendaraan pribadi rata-rata 4, maka 1,5 juta mobil akan masuk Kota Jogja,” ujarnya.

Pengurus Paguyuban Koperasi Paguyuban Perparkiran Senopati (PKPPS) Sahari (47), mengaku bersiap dalam menyambut kepadatan lalu lintas selama libur Lebaran.

Berdasar pengalamannya, kepadatan di Gumaton diakibatkan oleh pemudik yang datang menggunakan mobil pribadi yang akan berlangsung selama tujuh hari.

“Kalau lebaran, malah lebih ramai mobil pribadi, kalau bus malah jarang. Biasanya setelah seminggu baru bus ramai,” bebernya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini