Yuk Kenali Manfaat Cengkih untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Cengkih merupakan rempah dapur yang memiliki manfaat bagi kesehatan karena bisa menambah sedap sajian hingga meredakan sakit gigi. Kuncup bunga kering yang beraroma wangi khas dan berasal dari keluarga pohon Myrtaea ini asli berasal dari Indonesia. Bahkan, rempah ini populer saat ekspansi bangsa Portugis ke Indonesia.

Khasiatnya bagi kesehatan membuat cengkih menjadi salah satu komoditas yang paling dicari. Kegunaannya yang berfungsi untuk menyedapkan sajian kari hingga bisa menjadi pelengkap bagi adonan kue dan roti juga semakin menambah manfaat dari rempah ini. Terdapat empat manfaat kesehatan jika mengonsumsi cengkih.

Pertama, cengkih mengandung properti antibakteri yang bisa meredakan peradangan yang terjadi karena kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, cengkih juga membunuh bakteri dan kuman yang ada di rongga mulut sehingga mampu mencegah penyakit yang mengganggu gigi dan gusi.

Kedua, senyawa cengkih juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Hal ini terbukti dari sebuah studi yang menyebut bahwa cengkih bisa membunuh tumor dan sel-sel kanker. Adapun, Eugenol yang ada di dalam cengkih dipercaya berkhasiat membunuh sel-sel tumor tersebut. Meski demikian, indikasi khasiat cengkih untuk mengobati kanker masih terus dikaji karena eugenol dalam kadar tinggi juga bisa membahayakan kondisi hati.

Ketiga, nigericin dalam cengkih dinilai bisa menstabilkan gula dalam darah. Dugaan ini muncul seiring dengan adanya studi yang dilakukan pada tikus dan sel-sel manusia yang memiliki diabetes. Kombinasi antara diet sehat ala diabetes dengan menggunakan cengkih juga bisa membantu menstabilkan kadar gula di dalam darah.

Terakhir, cengkih bisa membantu menurunkan berat badan. Mengutip dari NDTV, hal tersebut dipengaruhi oleh eugneol di dalam cengkih yang bisa melancarkan proses pencernaan. Jika pencernaan lancar maka penyerapan makanan bisa maksimal dan tidak ada penumpukan lemak di dalam tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini