Waspada, Sering Haus adalah Tanda-tanda Diabetes!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musim panas membuat kita sering merasa haus. Matahari yang terik di luar ruangan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, yang membuat kita minum lebih banyak air dari biasanya.

Selain itu, olahraga yang intens dan konsumsi makanan pedas dan berlemak juga bisa membuat Anda merasa haus. Namun, sederet masalah tersebut adalah normal, dengan kata lain tubuh Anda tidak memiliki masalah.

Akan tetapi bila Anda terus menerus merasa haus, padahal cuaca tidak dalam kondisi panas dan Anda tidak sedang berolahraga, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa kondisi kesehatan Anda sedang bermasalah.

Tanda-tanda dehidrasi akibat kondisi medis juga dapat disertai dengan kelelahan dan penglihatan kabur. Melansir Times of India, apabila Anda mengalami salah satu dari gejala ini maka kondisi kesehatan Anda mungkin bermasalah.

Diabetes

Ketika sel-sel dalam tubuh Anda menjadi resisten terhadap insulin, ginjal Anda akan bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih sering ke kamar kecil dan membuat tubuh Anda ingin mengganti cairan yang hilang. Akibatnya,  Anda merasa kering dan ingin minum lebih banyak air dari biasanya. Sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan adalah dua tanda awal diabetes.

Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membuat hemoglobin. Ini dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti pola makan yang buruk atau pendarahan hebat. Dehidrasi adalah tanda umum anemia. Tanda-tandanya lebih menonjol ketika Anda menderita anemia berat. Gejala lain dari kondisi ini termasuk pusing, cepat lelah, serta berkeringat.

Hiperkalsemia

Hiperkalsemia adalah suatu kondisi di mana kadar kalsium dalam tubuh meningkat ke level yang berbahaya. Ini mungkin terjadi karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, TBC dan kanker. Merasa haus merupakan gejala pertama hiperkalsemia. Jumlah kalsium yang berlebihan dalam darah dapat melemahkan tulang dan membuat batu ginjal.

Mulut kering

Ketika kelenjar ludah tidak membuat air liur yang cukup, itu mungkin membuat Anda merasa sangat haus. Ini dapat terjadi karena pengaruh obat atau kebiasaan gaya hidup seperti merokok. Gejala lain dari mulut kering mungkin termasuk bau mulut, perubahan rasa, gusi teriritasi, dan kesulitan mengunyah.

Kehamilan

Ada beberapa tanda kehamilan, di mana salah satunya adalah haus! Selama trimester pertama, volume darah meningkat yang memaksa ginjal untuk membuat kelebihan cairan sehingga menyebabkan Anda buang air kecil. Kehilangan air dari tubuh membuat Anda haus, yang merupakan indikasi bahwa Anda perlu mengisi kembali jumlah air yang hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini